Connect with us

Nasional

Zona Hijau Meningkat, PPKM Mikro Tunjukan Perkembangan Yang Lebih Baik

Published

on

Share

Reportersatu, Pemerintah pusat melaporkan perkembangan zonasi risiko di tingkat RT yang menunjukkan adanya perbaikan selama PPKM berbasis mikro. Dalam empat minggu terakhir penerapan PPKM mikro, jumlah zona hijau menunjukan peningkatan yang signifikan dan bahkan naik hingga lebih dari 600 persen.

“Jumlah zona hijau menunjukan peningkatan yang signifikan dari sebelumnya hanya 817 RT dengan zona hijau pada 14 Februari menjadi 5.882 RT pada 7 Maret 2021 atau naik lebih dari 600 persen,” ujar Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Selasa (16/3/21).

loading...

Menurut Wiku, sejak awal pelaksanaan PPKM mikro, zonasi risiko konsisten didominasi oleh zona hijau. Satgas juga mencatat terdapat 404 RT yang berada di zona kuning, 24 RT di zona oranye, dan 3 RT dengan zona merah.

Baca Juga : Hari Ini 1.057 Orang di Jajaran KPU RI Ikuti Program Vaksinasi

Pemetaan zonasi risiko di tingkat RT ini diperoleh dari hasil laporan Satgas di tingkat desa di daerah-daerah yang melaksanakan PPKM mikro. Wiku mengatakan, hingga 7 Maret 2021, terdapat 6.205 RT yang melaporkan pemetaan zonasi risikonya kepada Satgas Pusat.

“Hal ini menunjukan bahwa hampir seluruhnya yaitu 93 persen dari RT yang melaporkan berada di zona hijau atau tidak ada kasus positif di lingkungan RT tersebut,” kata Wiku.

Jika dilihat lebih detail, ia mengatakan, Provinsi DIY memiliki zona hijau terbanyak di tingkat RT, yakni sebanyak 2.139 RT. Disusul Jawa Barat yang sebesar 1.156 RT dan Banten sebanyak 842 RT. 

Namun, tingginya jumlah RT dengan zona hijau di DIY ini disebabkan jumlah RT yang terbanyak melapor ke Satgas Pusat juga berasal dari Yogyakarta yakni sebanyak 2.171 RT. “Disusul Jawa Barat dengan 1.259 RT dan Banten sebesar 952 RT,” tambahnya.

Wiku mengatakan, pelaksanaan PPKM mikro selama empat minggu terakhir ini menunjukan perkembangan ke arah yang lebih baik. Hal ini mengingat jumlah RT di zona hijau yang mendominasi di hampir seluruh provinsi yang melaksanakan PPKM mikro.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *