Connect with us

Nasional

Waspada! Sebaran Mutasi Virus Covid-19 di Indonesia Makin Meluas

Published

on

Share

Reportersatu, Pemerintah melalui satgas pengendalian Covid-19 mengimbau masyarakat tetap waspada dan patuh menjalankan protokol kesehatan. Hal ini berkaitan dengan semakin meluasnya penyebaran mutasi virus Covid-19 di Indonesia.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, hingga 25 Mei 2021 pemerintah telah mengumpulkan 1.744 data whole genome sequencing (WGS) kepada bank data GISAID. Dari angka tersebut, 1.711 data di antaranya sudah selesai dilakukan WGS. 

loading...

Baca Juga : Menkes Minta Maaf dan Klarifikasi Nilai E Penanganan Covid DKI

Dari seluruh WGS itu, diketahui bahwa terdapat 16 kasus pembawa virus mutasi Covid-19 tipe B117 dari Inggris, 25 kasus mutasi Covid-19 tipe B1617 dari India, 2 kasus B1351 dari Afrika Selatan, dan 1 kasus B1525 yang terbawa dari Malaysia. Wiku sendiri tidak merinci lokasi dari masing-masing temuan kasus mutasi Covid-19. 

“Namun saya hendak menyampaikan, seharusnya fokus kita saat ini adalah upaya pencegahan. Bukan hanya fokus terhadap jumlah varian yang sudah ada. Diharapkan update temuan WGS dapat meningkatkan kewaspadaan diri,” kata Wiku dalam ketarangan pers, Jumat (28/5/21). 

Hingga pertengahan Mei, data GISAID menunjukkan bahwa varian mutasi Covid-19 sudah ditemukan di tujuh provinsi. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengingatkan pemerintah daerah agar tidak kendur dalam menjalankan 3T, terutama tracing alias penelusuran kontak erat pasien Covid-19. Pernyataan presiden ini merespons meluasnya temuan kasus mutasi virus corona di Indonesia. Jokowi pun mengakui bahwa kelamahan pengendalian Covid-19 di Indonesia adalah urusan tracing. 


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *