Connect with us

Internasional

Warga Abaikan Lockdown, Malaysia Berencana Kerahkan Tentaranya

Published

on

Warga Abaikan Lockdown, Malaysia Berencana Kerahkan Tentaranya
Share

Reportersatu, Malaysia akan menggunakan pasukannya jika warga terus mengabaikan prosedur membatasi pergerakan atau lockdown, termasuk dilarang keluar rumah selama dua minggu untuk membendung pandemi virus corona.

“Jika tidak ada pilihan, dan kepatuhan masih di 60% -70%, saya percaya bahwa kemungkinan besar tentara akan dikerahkan,” kata Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengutip Bloomberg, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Myanmar Hadapi Musuh Tak Terlihat

Malaysia resmi memberlakukan lockdown pada Rabu 18 Maret, sehingga warga dilarang pergi ke luar negeri, menutup sekolah, toko, dan banyak layanan publik hingga 31 Maret.

loading...

Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mendesak orang-orang untuk tinggal di rumah dan memperingatkan pemerintah bisa saja memperpanjang prosedur lockdown jika langkah itu gagal memberantas virus corona.

Malaysia merupakan negara yang paling parah terdampak virus di Asia Tenggara, dengan jumlah kasus 790 kasus, dan dua kematian.

Prosedur lockdown di Malaysia akan berlaku hingga hingga 31 Maret. Perintah termasuk melarang pertemuan publik, dan semua acara keagamaan, olahraga, sosial dan budaya.

Muhyiddin selama pidatonya kembali mengingatkan warga agar tinggal di rumah, karena pada Selasa banyak warga yang melakukan perjalanan untuk pulang kampung serta berkerumun untuk mendapatkan tiket.

“Tujuan dari perintah ini bukan untuk Anda kembali ke kota asal Anda, untuk menghadiri acara, pergi berbelanja, berjalan-jalan di taman atau mengunjungi tempat-tempat liburan,” tegas Muhyiddin.

Baca juga: Antisipasi Wabah Corona, Trump Desak Warga AS Agar Kurangi Aktivitas diluar Rumah

“Tetap di tempatmu. Mereka yang berada di Kuala Lumpur, tinggal di Kuala Lumpur. Mereka yang berada di Johor Baru, tinggal di Johor Baru. Yang di Penang, tinggal di Penang. Jika Anda berencana untuk kembali ke kota asal Anda, batalkan rencana itu.”


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *