Connect with us
DomaiNesia

Kesehatan

Vitamin-vitamin Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Published

on

088618000 1500283138 Gunakan Masker Ini Agar Kulit Wajah Terlihat Cerah (1)
Share

Reportersatu, Vitamin tidak hanya dibutuhkan tubuh kita, tetapi kulit wajah kita juga membutuhkan vitamin. Tercukupinya kebutuhan vitamin pada kulit dapat membantu merawat wajah agar terlihat lebih sehat awet muda.

Beberapa vitamin untuk merawat kulit wajah dapat ditemukan di dalam makanan ataupun dalam produk skincare. Berikut beberapa vitamin yang dapat membantu merawat kesehatan kulit, di antaranya :

Baca Juga : Manfaat Kedelai untuk Memperbaiki Tekstur Kulit

1. Vitamin A

Kebanyakan orang akan langsung menjawab manfaat vitamin A adalah menjaga kesehatan mata. Namun, vitamin A juga termasuk jenis vitamin yang bagus untuk merawat kulit wajah.

Manfaat utama vitamin ini terhadap kulit wajah Anda adalah mengurangi tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus. Selain itu, vitamin untuk wajah yang satu ini juga berperan dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Memenuhi kebutuhan vitamin A dapat diperoleh melalui konsumsi sumber makanan yang tinggi akan vitamin A, misalnya wortel, ubi jalar, dan beberapa jenis sayuran hijau.

Vitamin ini juga terkandung di dalam produk perawatan kulit, misalnya krim wajah. Produk dengan kandungan vitamin A biasanya mencantumkan bahan-bahan, seperti retinoid, retin A, dan renova di dalam kemasannya.

2. Vitamin B

Vitamin B kompleks dipercaya memiliki manfaat terhadap kesehatan kulit wajah. Salah satu khasiatnya berkaitan dengan meningkatnya kesehatan kulit dengan memproduksi sel-sel kulit baru.

Vitamin B dapat diperoleh dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B. Beberapa contoh makanan yang dimaksud, antara lain pisang, beras, telur, dan lain-lain.

Produk perawatan kulit wajah juga banyak yang memasukkan vitamin B sebagai salah satu kandungannya. Vitamin B3, atau yang lebih dikenal dengan niacinamide bermanfaat dalam mengurangi bintik-bintik hitam tanda penuaan pada wajah.

Selain itu, B5 atau asam pantotenat juga biasa terdapat pada beberapa produk perawatan wajah. Fungsinya adalah untuk mengatasi masalah jerawat dan mengurangi tanda penuaan.

3. Vitamin C

Salah satu vitamin yang bagus untuk wajah Anda adalah vitamin C. Vitamin yang satu ini ditemukan dalam kadar tinggi pada lapisan kulit luar (epidermis), juga dalam lapisan kulit dalam (dermis).

Antioksidan tinggi pada vitamin C menghasilkan produksi kolagen yang baik untuk wajah. Kolagen inilah yang dapat mengurangi tanda penuaan dan membuat kulit wajah tampak lebih sehat. Oleh karenanya, vitamin C sering kali menjadi kandungan utama dalam produk anti-aging.

Selain itu, vitamin wajah yang satu ini dapat meningkatkan efektivitas tabir surya yang dibalurkan ke wajah dan bagian tubuh lainnya. Hal ini penting untuk melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet. Vitamin C juga disebut-sebut dapat mencegah kanker. 

Kekurangan akan vitamin C jarang ditemukan karena salah satu vitamin untuk wajah ini banyak terkandung dalam makanan dan suplemen yang dijual bebas.

Sumber makanan yang mengandung kadar vitamin C tinggi adalah buah sitrus, seperti jeruk, lemon, dan stroberi. Beberapa sayuran, seperti brokoli dan bayam, juga mengandung vitamin C.

4. Vitamin D

Vitamin wajah berikutnya dapat diperoleh dengan mudah dari sinar matahari. Anda bisa mendapatkan vitamin wajah ini dengan berjemur di bawah matahari selama 10 menit per harinya. Namun, pastikan untuk berjemur di bawah jam 10 pagi.

Sebelum berjemur, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama bila memiliki riwayat kanker kulit. Saat berjemur, kolesterol akan diubah menjadi vitamin D, lalu disimpan di ginjal dan hati, kemudian dikirimkan ke berbagai bagian tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, termasuk kulit. 

Kalsitriol jenis vitamin D yang diproduksi oleh manusia memiliki manfaat bagi kulit. Krim kalsitriol telah terbukti efektif mengurangi gejala psoriasis, peradangan, dan iritasi pada kulit. Namun, terdapat sedikit efek samping dalam pemakaiannya. 

Selain berjemur, anda pun dapat memperoleh vitamin D dari makanan, seperti sereal, jus jeruk, dan yoghurt. Konsumsi juga ikan yang mengandung vitamin D alami, seperti salmon, tuna, dan ikan kod.

5. Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E termasuk salah satu vitamin yang bagus untuk kulit wajah. Vitamin ini juga merupakan antioksidan yang memiliki fungsi utama melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Vitamin untuk wajah ini dapat menyerap sinar UV dari matahari ketika digunakan pada kulit, sehingga kulit dapat terhindar dari bercak hitam dan kerutan. Normalnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, suatu substansi berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Dalam porsi yang wajar, sebum ini membantu kulit tetap lembap dan mencegah kekeringan.

Namun, apabila kulit anda kering, vitamin untuk wajah ini dapat membantu anda yang kekurangan produksi sebum, sekaligus memulihkan kondisi kulit apabila ada peradangan. Anda dapat memperoleh vitamin E dari berbagai sumber makanan, misalnya kacang dan biji-bijian, seperti almon, hazelnut, dan biji bunga matahari.

Selain mendapatkannya lewat konsumsi makanan, suplemen vitamin E maupun multivitamin juga dapat menjadi pilihan. Selain itu, obat oles yang mengandung vitamin E juga terbukti efektif.

6. Vitamin K

Vitamin K normalnya dapat membantu tubuh dalam proses pembekuan darah untuk menutup luka, memulihkan memar, dan juga menyembuhkan area tubuh yang telah dioperasi. Vitamin untuk wajah yang satu ini juga dapat membantu menyamarkan stretch mark, jaringan parut, noda hitam, serta lingkaran hitam di bawah mata, yang terdapat pada wajah. 

Meskipun penelitian membuktikan bahwa efektivitasnya masih terbatas ketimbang vitamin C dan E, vitamin K banyak terkandung dalam krim oles. Krim ini dipercaya dapat mempercepat pemulihan dengan mengurangi bengkak dan memar. Vitamin untuk wajah ini bisa diperoleh melalui beberapa jenis makanan, seperti, kale, bayam, selada dan kubis.

Vitamin untuk wajah di atas memang baik untuk dipenuhi. Namun, tidak semua orang berisiko kekurangan vitamin.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *