Connect with us

Nasional

Virus Corona Melanda Jakarta, KPU Pastikan Tidak Tunda Pilkada 2020

Published

on

Virus Corona Melanda Jakarta, Kpu Pastikan Tidak Tunda Pilkada 2020
Share

Reportersatu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) R.I tengah melaksanakan rapat pleno pembahasan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang akan digelar di sejumlah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Dalam rapat pleno tersebut juga dibahas isu terkini terkait virus Corona yang menerjang sejumlah wilayah, termasuk ibukota DKI Jakarta.
Pembahasan tersebut perihal instruksi presiden yang meminta sejumlah perkantoran pemerintah harus diliburkan selama 14 hari kedepan.

Baca Juga : Mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Mengembalikan Uang Suap ke KPK Sebesar SGD15.000

loading...

Sementara tengah waktu pemilihan pilkada serentak kian mendesak.
“Saya rasa kalau di tunda tidak mungkin. Belum dipikirkan dan tidak ada pembahasan seperti itu,” kata Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi kepada wartawan di kantornya, Senin, 16 Maret 2020.

Pramono menambahkan saat ini KPU tengah menggelar rapat pleno masih membahas soal pelaksanaan tahap pilkada yang akan disesuaikan dengan kondisi pandemi Corona yang menerjang DKI Jakarta, Depok dan Solo.

“Sedang dibahas win-win solutionnya karena Pilkada tetap jalan. Sementara kita harus mengutamakan kesehatan pegawai untuk menyesuaikan dengan pandemi Corona. Termasuk bekerja secara online di rumah,” ujar Pramono.

Menurut Pramono ia dan keempat rekannya tengah menggodok mekanisme pelaksanaan bekerja secara online di rumah untuk semua pegawai di KPU.

Baca Juga : Dua WNI Kapal Pesiar Akan di Observasi Terkait Virus Korona

Apalagi perihal tekhnis pelaksanaan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan di setiap Kabupaten/Kota yang akan melakukan Pilkada.
“Pembahasan yang cukup kompleks dan masif adalah tekhnis pelaksanaan verifikasi faktual calon kepala daerah ini oleh pps.

Sementara harus bertatap muka. Banyak hal juga termasuk yang dibahas terkait bekerja dari rumah untuk pegawai,” ucap Pramono.

Seperti diketahui KPU tengah melakukan persiapan Pilkada serentak 2020 di 270 wilayah se-Indonesia. Mulai dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Sementara pemungutan suara akan dilakukan pada 23 September 2020 mendatang. (Mey)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *