Connect with us

Peristiwa

Usai Kontak Erat Dengan ABK Filipina, 42 Nakes RSUD Cilacap Terinfeksi Covid-19

Published

on

Share

Reportersatu, Usai menangani belasan anak buah kapal (ABK) asal Filipina yang terinfeksi mutasi virus variab baru asal India, kini sebanyak 42 dari 179 tenaga kesehatan (Nakes) RSUD Cilacap, Jawa Tengah di laporkan terpapar virus Covid-19.

Diketahui satu dari 14 ABK yang terpapar varian asal india meninggal dunia dan 13 lainnya masih dalam perawatan. Mereka merupakan ABK MV Hilma Bulker yang secara periodik melakukan pengiriman gula rafinasi asal India ke Cilacap.

loading...

“Kita melakukan¬†tracing¬†terhadap nakes yang kontak dengan ABK tersebut, kita tengarai ada 179 nakes yang kontak dengan ABK, dan ada 42 yang konfirm positif,” kata Kepala Dinkes Jateng Yulianto dalam rapat koordinasi daring yang disiarkan melalui kanal YouTube Pusdalops BNPB, Minggu (23/5/21) sore.

Yulianto menambahkan, spesimen belasan dari 42 nakes itu akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan metode pencarian strain virus baru Whole Genome Sequence (WGS). Sebab, sesuai ketetapan Kementerian Kesehatan penyintas covid-19 dengan Cycle Threshold (CT) di bawah 30 persen, maka sampelnya akan dilanjutkan untuk WGS.

“Nah, dari 42 kita ambil 12 yang memenuhi syarat untuk WGS di laboratorium UGM, dan kami sedang menunggu hasilnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Yulianto mengatakan puluhan nakes tersebut kini tengah menjalani perawatan dan pengobatan di RSUD Cilacap. Selain itu, per Minggu (23/5) kemarin fasilitas rawat jalan di RSUD Cilacap ditutup sementara selama tiga hari.

“Rawat jalan RSUD Cilacap kita tutup selama tiga hari ke depan untuk dilakukan sterilisasi lebih lanjut,” katanya.

Sebelumnya 20 ABK MV Hilma Bulker tiba di Cilacap pada 25 April 2021 sekitar pukul 16.00 WIB. Setibanya mereka, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II-A Cilacap melakukan pemeriksaan kekarantinaan kesehatan terhadap anak buah kapal tersebut. Saat itu, para ABK terlihat tampak tidak sehat.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *