Connect with us

Peristiwa

Usai Gerhana Bulan, Beberapa Wilayah di Indonesia Berpotensi Terkena Banjir Rob

Published

on

Share

Reportersatu, Gerhana bulan total terjadi pada Rabu malam (26/5) dan terlihat jelas di berbagai wilayah Indonesia. Gerhana bulan total juga mengakibatkan air laut menjadi pasang dan naik ke daratan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan 11 wilayah berpotensi terjadi banjir rob usai terjadi gerhana bulan total salah satunya adalah DKI Jakarta.

Sejauh ini, banjir rob sudah melanda Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan potensi banjir rob akibat air pasang di pesisir Jakarta terjadi sepanjang 28 Mei sampai 30 Mei 2021.

loading...

Baca Juga : Jelang Super Blood Moon, BMKG Surabaya Imbau Warga di Pesisir Waspada Banjir Rob

“Fenomena Super Blood Moon bahwasanya ada fenomena potensi banjir rob atau banjir pesisir terhadap wilayah Indonesia,” tutur Eko lewat keterangan tertulis, Kamis (27/5/21).

Selain Jakarta, wilayah lain yang berpotensi rob yakni Banten (pada 28-30 Mei, Sumatera Utara pada 26 Mei, pada Batam 26 Mei, dan Jawa Tengah sepanjang 29-31 Mei.

Kemudian, Jawa Timur sepanjang 26-29 Mei, Kalimantan Barat pada 26 Mei, Nusa Tenggara Timur pada 26-28 Mei, Sulawesi Utara 26 Mei, Maluku 26 Mei dan Papua pada 26 Mei.

“11 wilayah yang BMKG petakan berpotensi terjadi banjir rob yang hari dan jamnya tidak sama di antara wilayah-wilayah yang kami petakan tadi. Ada yang 26 hingga 27 Mei saja, ada yang justru mulai 28 Mei seperti Jakarta Utara dan Banten hingga 30 Mei,” imbuhnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *