Connect with us

Nasional

Usai Gempa Gubernur Jatim Ajak Warga Berdoa Bersama

Published

on

Share

Reportersatu, Usai terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 di wilayah selatan Kabupaten Malang dan dirasakan sejumlah daerah. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak semua pihak berdoa.

Khofifah mengaku sedang berkegiatan di Gedung Islamic Centre, Surabaya saat gempa. Ia turut mengalami dampak getaran gempa.

Baca Juga : Gempa Bumi 6,7 SR Guncang Malang Jawa Timur

“Kita berdoa bersama agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, dan Jawa Timur diberi keselamatan oleh Allah SWT. Semua saya harap tetap waspada namun jangan panik,” kata Khofifah, Sabtu (10/4/21) malam.

Khofifah mengatakan gempa ini turut memakan korban jiwa. Sejumlah bangunan di berbagai daerah Jatim dilaporkan rusak.

“Sampai petang ini, laporan yang sampai ke kami, ada warga yang meninggal dunia karena tertimpa longsoran saat gempa terjadi. Dan ada lagi yang dilarikan ke rumah sakit,” ujarnya.

Khofifah juga menjelaskan kerusakan terparah terjadi di Kecamatan Dampit dan Jabung, Kabupaten Malang; Kecamatan Tempursari dan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, serta Kecamatan Wates dan Binangun, Kabupaten Blitar.

Dari data yang telah dihimpun oleh BPBD Jawa Timur, ada banyak rumah rusak baik ringan, sedang maupun berat, baik di Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang maupun Kabupaten Blitar.

Selain itu ada pula rumah sakit dan puskesmas yang dilaporkan mengalami kerusakan. Seperti RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar serta Puskesmas Turen yang terdampak cukup berat.

“Semua sedang pendataan sambil evakuasi warga,” pungkas Khofifah.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *