Connect with us

Nusantara

Unair Surabaya Uji Praklinis Vaksin Merah Putih Pada Hewan

Published

on

Share

Reportersatu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berharap akhir pada tahun 2021 ada vaksin Merah Putih yang bisa dihasilkan bangsa Indonesia untuk masuk tahap produksi massal.

Dari enam institusi yang mengembangkan vaksin Merah Putih, ada dua institusi yang memiliki progres paling cepat, yakni Universitas Airlangga dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Menanggapi itu, Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Mohammad Nasih optimistis vaksin Covid-19 buatan dalam negeri itu bisa segera diproduksi tahun ini.

loading...

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengungkap Vaksin Merah Putih sejauh ini tak menimbulkan dampak serius pada hewan dalam tahap uji praklinik. Unair mengembangkan vaksin Merah Putih dengan platform virus yang dimatikan atau inactivated virus.

Baca Juga : Antisipasi Larangan Mudik, Dishub Jateng Terapkan 3 Skenario

Mohammad Nasih menyebut pihaknya saat ini sedang melalui tahap uji coba pada hewan transgenik. Menurut laporan yang ia terima, uji coba pertama itu berjalan sukses.

“Secara teknis pada laporan terakhir hewan yang disuntik vaksin sehat-sehat saja, tidak ada yang berdampak signifikan,” katanya, di Surabaya.

Meski begitu, uji coba terhadap hewan tersebut belum selesai. Apalagi pihaknya sempat mengalami kendala untuk mendatangkan hewan transgenik dari Amerika Serikat.

“Mendatangkan hewan dari Amerika itu ternyata tidak mudah. Waktu yang dibutuhkan panjang. Setelah sampai di Jakarta pun harus dikarantina,” ujarnya.

Walhasil, uji coba penyuntikan vaksin kepada hewan transgenik tersebut pun baru bisa dilakukan pada 9 April.

“Mudah-mudahan dua bulan untuk uji coba hewan lancar, sehingga bulan Juli atau Agustus bisa mulai uji klinis, Kami berharap itu benar ditepati sehingga pada bulan Oktober atau November 2021 bisa dimanfaatkan” ucap dia.

“BPOM sejak awal terlibat secara langsung, sehingga mudah-mudahan tidak ada alasan apapun untuk tidak memfasilitasi kami,” imbuhnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *