Connect with us

Seni & Budaya

Tradisi Urak Balabek Yang dilakukan Ikatan Pencak Silat Indonesia

Published

on

Tradisi Urak Balabek Yang Dilakukan Ikatan Pencak Silat Indonesia
Share

Reportersatu, Pemerintah Kota Padang menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas selesainya acara tradisi “Urak Balabek” yang diadakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Padang Arfian saat menutup kegiatan tersebut, di Medan Nan Bapaneh, Kantor KAN Pauh IX Kuraniji.

Tradisi Urak Balabek Merupakan Prosesi Pengokohan Para Guru Silek

Arfian menjelaskan, tradisi urak balabek merupakan prosesi pengokohan untuk para guru silek yang dikenal dengan urak balabek melewatan guru tuo menentukan kedudukan status sosial seseorang dalam wilayah adat. Sehingga nilai-nilai adat dapat dipertahankan dalam kehidupan bermasyarakat.

loading...

Lebih jauh, dijelaskanya, tradisi Urak Balabek juga merupakan salah satu kearifan lokal berfilosofikan kepada adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah, yang terkandung didalamnya nilal-nilai budi pekerti luhur.

Baca Juga : “International Women’s Day” Mempersembahkan Pementasan Teater Musikal bertajuk Pusara Cinta

“Maka oleh sebab itu, terselenggaranya tradisi Urak Balabek menandakan bahwa masih terpelihara salah satu budaya yang begitu sakral di Kota Padang. Atas nama Pemerintah Kota Padang tentunya kita berharap tradisi Urak Balabek ini merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan
serta diajarkan kepada generasi muda” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Irwan Basir yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang menilai, tradisi Urak Balabek merupakan salah satu kegiatan untuk membina dan melestarikan warisan adat dan budaya di lingkungan Pauh.

“Tradisi ini menandakan nagari Pauh IX itu memiliki isi, aktivitas, kearifan lokal dan tentunya kita berharap, output yang dihasilkan melalui silek sebagai ikonnya nagari Pauh IX Kuranji” jelasnya.

Baca Juga : Anies Baswedan Apresiasi 450 Karya Seni Srihadi Soedarsono

Sementara itu, Ketua Panitia Urak Balabek Erman Jamal menyebutkan, kegiatan yang digelar sejak Kamis 27 Febuari 2020 ini, juga ditutup dengan melewakan gala guru tuo silek sebanyak 87 orang.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *