Connect with us

Kuliner

Tradisi Kuliner Tahun Baru di Berbagai Penjuru Dunia

Published

on

2538112627 (1)
Share

Reportersatu, Perayaan tahun baru biasanya identik dengan sebuah pesta, Orang-orang di Amerika merayakan Malam Tahun Baru dengan sebotol sampanye dan topi pesta, Bagi mereka tahun baru adalah sebuah pesta.

Ketika tahun baru tiba di seluruh dunia, kue dan roti spesial berlimpah. Di antaranya seperti mie panjang (mewakili umur panjang), kacang polong (mewakili koin), ikan haring (mewakili kelimpahan) dan babi (mewakili keberuntungan).Makanan khas yang berbeda, tapi tema umumnya sama.

Berikut adalah beberapa tradisi makanan dakam perayaan Tahun Baru dari seluruh penjuru dunia

1. Hoppin ‘John, Amerika Selatan

Tradisi makanan Tahun Baru utama di Amerika Selatan. Hoppin’ John adalah sepiring kacang polong rasa daging babi atau kacang polong bermata hitam (melambangkan koin) dan beras. Hoppin’ John sering disajikan dengan sayuran atau sayuran hijau lainnya (karena warnanya uang) dan roti jagung (warna emas). Piring tersebut dikatakan membawa keberuntungan di tahun baru.

Namun hidangan saat ini berakar pada tradisi Afrika dan India Barat dan kemungkinan besar dibawa oleh para budak ke Amerika Utara. 

Baca Juga : Creme Brulee, Dessert Krim Gosong dari Perancis

Resep untuk Hoppin John muncul pada awal tahun 1847 di Sarah Rutledge’s “The Carolina Housewife” dan telah ditafsirkan ulang selama berabad-abad oleh koki rumah dan koki profesional.

2. Dua belas anggur, Spanyol

Sementara orang Amerika menonton penurunan bola di Times Square pada Malam Tahun Baru, orang-orang Spanyol menonton siaran dari Puerta del Sol di Madrid. Di sana para penonton berkumpul di depan menara jam persegi untuk merayakan Tahun Baru.

Mereka yang berada di alun-alun dan mereka yang menonton di rumah mengambil bagian dalam tradisi tahunan yang tidak biasa. Pada tengah malam, mereka memakan satu buah anggur untuk setiap lonceng jam. 

loading...

Beberapa bahkan mempersiapkan buah anggur mereka untuk memastikannya seefisien mungkin saat tengah malam tiba. Kebiasaan itu dimulai pada pergantian abad ke-20 dan konon dipikirkan oleh produsen anggur di bagian selatan negara itu dengan tanaman bumper. 

Sejak saat itu, tradisi tersebut telah menyebar ke banyak negara berbahasa Spanyol. Mereka yang menghabiskan malam Tahun Baru di Madrid harus pergi ke Puerta del Sol sebelum tengah malam. 

Puerta del Sol adalah lapangan yang semarak, dikelilingi oleh bar, restoran dan perbelanjaan, jadi ini tempat yang bagus untuk menjadi saat tahun baru datang.

3. Tamales, Meksiko

Tamale merupakan adonan jagung diisi dengan daging, keju dan tambahan lezat lainnya. Daging ini dibungkus daun pisang atau sekam jagung dan hadir di hampir setiap acara spesial di Meksiko. Tapi musim liburan adalah waktu yang sangat disukai untuk makanan.

Di banyak keluarga, kelompok perempuan berkumpul bersama untuk membuat ratusan paket kecil. Setiap orang bertanggung jawab atas satu aspek proses memasak – untuk diberikan kepada teman, keluarga dan tetangga. 

Pada Tahun Baru, ini sering disajikan dengan menudo, babat dan sup hominy yang terkenal baik untuk mabuk.

4. Oliebollen, Belanda

Di Belanda, bola minyak goreng, atau oliebollen, dijual oleh gerobak jalanan dan dikonsumsi secara tradisional pada Malam Tahun Baru dan di pameran perayaan khusus.

Mereka adalah kue donat, dibuat dengan menjatuhkan satu sendok adonan yang dibungkus dengan kismis atau kismis ke dalam penggorengan dalam dan kemudian ditaburi gula bubuk.

Di Amsterdam, berjaga-jaga untuk Oliebollenkraams, gubuk sementara atau trailer kecil di jalan yang menjual paket oliebollen goreng yang panas.

5. Marzipanschwein atau Glücksschwein, Austria dan Jerman

Austria, dan negara tetangganya di utara, Jerman, menyebutnya Malam Tahun Baru Sylvesterabend, atau Saint Sylvester. Orang-orang Austria minum minuman anggur merah dengan kayu manis dan rempah-rempah dan makan babi untuk makan malam.

Meja dihiasi dengan babi kecil yang terbuat dari marzipan, yang disebut marzipanschwein. Good luck pigs, atau Glücksschwein, terbuat dari segala macam hal, juga hadiah umum di seluruh Austria dan Jerman.

Toko roti Wina sepanjang tahun ini akan diisi dengan berbagai permen berbentuk babi. Pergilah ke Julius Meinl untuk menemukan tampilan paling mengesankan dari truffle Champagne berbentuk telur, marzipan dan coklat dalam berbagai ukuran.

6. Mie soba, Jepang

Di Jepang, keluarga makan mie soba, atau toshikoshi soba, pada tengah malam di Malam Tahun Baru. Mereka melakukan ini untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang berlalu dan menyambut tahun yang akan datang. 

Tradisi ini berasal dari abad ke-17, dan mie panjang melambangkan umur panjang dan kemakmuran. Dalam kebiasaan lain yang disebut mochitsuki, teman dan keluarga menghabiskan satu hari sebelum menghabiskan kue mochi saat pergantian Tahun Baru.

Manisnya nasi ketan dicuci, direndam, dikukus dan ditumbuk menjadi massa yang halus. Kemudian para tamu bergiliran mencabik-cabik potongan roti kecil yang kemudian dimakan untuk makanan penutup.

7. King cake, di seluruh dunia

Tradisi kue Tahun Baru adalah salah satu yang ada dibanyak dunia. Orang-orang Yunani memiliki Vasilopita, Prancis gateau atau galette des rois. 

Orang Meksiko memiliki Rosca de Reyes dan Bulgaria menikmati banitsa tersebut. Sebagian besar kue dikonsumsi pada tengah malam pada Malam Tahun Baru.

Meskipun beberapa budaya memotong kue mereka pada hari Natal atau Epiphany, 6 Januari – dan menyertakan koin emas tersembunyi. Ini merupakan simbol tahun yang makmur bagi siapa saja yang menemukannya.

8. Cotechino con lenticchie, Italia

Orang Italia merayakan Malam Tahun Baru bersama La Festa di San Silvestro. Perayaan ini sering dimulai dengan obat tradisional cotechino con lenticchie, sosis dan sup miju-miju yang dikatakan membawa keberuntungan. Sayuran lentil yang ada di sup mewakili uang dan keberuntungan.

9. Ikan asin herring, Polandia dan Skandinavia

Karena ikan herring berlimpah di Polandia dan sebagian Skandinavia, banyak di antara negara-negara tersebut makan ikan asin pada tengah malam. Hal ini dilakukan untuk membawa satu tahun kemakmuran dan karunia. 

Beberapa makan asinan herring dalam saus krim sementara yang lain memilikinya dengan bawang. Satu persiapan khusus untuk persiapan tahun baru buatan Polandia, bernama Sledzie Marynowane, dibuat dengan merendam ikan haring garam utuh dalam air selama 24 jam.

Kemudian melapisinya dengan toples, bawang merah, allspice, gula dan cuka putih. Orang-orang Skandinavia sering memasukkan herring ke dalam hamparan tengah malam yang lebih besar dengan ikan asap, acar, pate dan bakso.

10. Kransekage, Denmark dan Norwegia

Kransekage, secara harfiah karangan kue (wreath cake). Kransekage merupakan menara kue yang terdiri dari banyak cincin kue konsentris yang berlapis dan menumouk satu sama lain.

Kue ini dibuat untuk Malam Tahun Baru dan acara spesial lainnya di Denmark dan Norwegia. Kue itu dibuat dengan menggunakan marzipan, sering dengan sebotol anggur atau Aquavit di tengahnya dan bisa dihiasi hiasan atau bendera


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *