Connect with us

Otomotif

Tips Postur Tubuh Saat Mengendarai Motor

Published

on

Best Motorcycle Apps 0 Hero 1087x725 (1)
Share

Reportersatu, Postur tubuh ketika memakai motor berbeda dengan mobil, pengendara perlu tahu bagaimana postur berkendara sepeda motor yang baik. Mengendarai motor dengan postur yang tepat mampu menjaga kesehatan dan kenyamanan berkendara.

Berikut adalah beberpa bagian tubuh yang tepat saat berkendara.

1. Bahu

Bahu dan pundak Anda usahakan untuk santai ketika berkendara agar terasa lebih nyaman.

2. Mata

Postur berkendara yang pertama adalah pandangan mata lurus ke depan. Pastikan Anda memperhatikan jalan dengan baik mengarah ke tujuan agar jarak pandang lebih luas sehingga Anda dapat melihat keadaan jalan dengan lebih baik.

3. Siku Tangan

Postur berkendara yang berikutnya fokus pada bagian siku tangan. Bagian ini sebaiknya sedikit menekuk agar Anda dapat memegang stang motor dengan baik dan lebih nyaman. 

Baca Juga : Ketahui 3 Manfaat Box Tambahan Pada Motor

4. Tangan

Pastikan tangan Anda nyaman memegang stang dan dapat menjangkau semua kelengkapan penting seperti rem, klakson, starter, memakai lampu sein dan lainnya. Karena semua fitur tersebut hanya dapat digunakan dengan tangan Anda.

5. Pinggul

Postur berkendara berikutnya fokus pada bagian pinggul. Usahakan untuk duduk di posisi yang paling nyaman dan pastikan jaraknya tidak terlalu dekat atau jauh dengan stang. Hal ini sangat penting karena Anda bisa mengoperasikan stang kemudi, rem dan persneling dengan mudah.

6. Lutut

Postur tubuh yang baik pada bagian lutut cukup berbeda bergantung pada motor yang dipakai. Untuk motor tipe sport maka lutut sebaiknya menekan tangki bahan bakar. Sedangkan untuk motor bebek dan matic tidak diposisikan lurus dan jangan melebar karena dapat menghalangi jalur pengendara lainnya.

7. Kaki

Postur berkendara yang terakhir fokus pada bagian kaki. Pastikan kaki Anda dapat menyentuh lantai atau aspal ketika berhenti. Selain itu usahakan kaki selalu nyaman ketika menginjak pedal rem dan persneling.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *