Connect with us

Otomotif

Tips Awal Saat Mobil Terendam Banjir

Published

on

Share

Reportersatu, Kendaraan yang menjadi korban banjir sudah tentu menyisakan banyak pekerjaan rumah bagi pemiliknya. Kendaraan harus dibawa ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan agar dapat digunakan seperti sedia kala. 

Namun sebelum kendaraan dibawa ke bengkel untuk perbaikan, ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan pemilik kendaraan. Apabila membutuhkan evakuasi kendaraan, pastikan jenis transmisi yang digunakan kendaraan. 

Kendaraan bertransmisi manual dan otomatik memiliki perlakuan yang berbeda. Untuk transmisi kendaraan manual bisa dibawa dengan cara ditarik atau pun towing. Sedangkan, khusus transmisi kendaraan automatic, mobil harus digendong untuk menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan. 

Secara umum hal pertama yang harus diperhatikan paska mobil terendam banjir memastikan keadaan komponen. Seperti karburator, alternator, saringan udara, koil, dan kabel-kabel elektrikal kering seluruhnya ketika ingin menyalakan mobil. Jangan lupa juga untuk mengganti oli mesin, dan menguras tangki bahan bakar, karena saat terendam banjir, air mungkin saja masuk ke area melalui celah-celah yang tidak bisa kita duga. 

loading...

Lalu, perhatikan juga komponen interior seperti karpet dasar, jok kursi, door trim, dan head lining. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari ruang mesin, kabin, bagasi, hingga saringan udara AC agar tidak menyebabkan penumpukan kotoran, jamur, aroma tidak sedap, dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Serta, perbaikan komponen exterior seperti dent atau baret pada panel bodi karena dipengaruhi tingginya air dan berdampak pada estetika mobil.

Sadar akan banyaknya kendaraan pelanggan yang menjadi korban banjir, sejumlah agen pemegang merek di Tanah Air memberikan layanan bagi peduli banjir. Seperti Astra Daihatsu Motor melalui program  Daihatsu Peduli Banjir yang berlaku pada 22 Februari hingga 31 Maret 2021 di seluruh jaringan bengkel Daihatsu di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Jawa Tengah, Sumatera, dan Kalimantan.

Pelanggan dapat memeriksakan kendaraannya secara gratis khusus bagi mobil Daihatsu yang terdampak banjir. Fasilitas diskon 15  persen khusus untuk layanan jasa, spare part, dan oli serta diskon 20 persen untuk paket khusus banjir dan salon mobil.

Hal serupa juga dilakukan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Melalui program Mitsubishi Peduli Banjir, periode 22 Februari  hingga 31 Maret 2021. Konsumen korban banjir akan mendapatkan diskon suku cadang 20 persen, diskon jasa 10 persen, layanan derek gratis untuk kendaraan diabwah usia 3 tahun dalam masa garansi dan dalam radius kurang dari 50 kilometer, atau diskon 50 persen dengan radius diatas 50 kilometer. 

“Kami berharap Anda dan kondisi kendaraan prima untuk menunjang berbagai aktivitas dan kebutuhan keseharian,” kata Eichiro Hamazaki, Director After Sales Division PT MMKSI dalam keterangan tertulisnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *