Connect with us

Otomotif

Tips Aman Menggunakan Ojek Online Saat Pandemi

Published

on

Download Aplikasi Ojek Online
Share

Reportersatu, Selama pandemi platform-platform ojek online telah memberlakukan protokol baru bagi para driver-nya. Mereka diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang ada. Halmitu dilakukan untuk menjaga kesehatan driver dan penumpang.

Bagi Anda yang mungkin berkendara dengan ojek online, terdapat beberapa persiapan berkendara yang bisa Anda lakukan agar tetap aman berkendara dengan ojek online di tengah-tengah pandemi. Berikut tips aman menggunakan ojek online.

1. Selalu kenakan masker

Masker menjadi salah satu barang yang wajib dibawa kemana pun saat ini. Pemerintah bahkan siap memberikan sanksi bagi orang-orang yang nekat tidak mau menggunakan masker saat di ruang publik.

Nah, jika Anda bekendara dengan ojol, wajib juga diberi masker. Dengan masker ini, risiko Anda tertular penyakit pun jauh lebih kecil. 

2. Senantiasa bawa hand sanitizer

Selain masker, Anda juga harus selalu membawa hand sanitizer kemana saja. Mengingat Anda akan lebih banyak bertemu dengan orang. Sehingga keselamatan diri sendiri pun harus diprioritaskan. 

Gunakanlah pembersih tangan setiap kali Anda bersentuhan tangan dengan penumpang atau ketika Anda memegang objek yang ada di fasilitas umum. Seperti pintu mini market, mesin ATM, dan banyak lagi lainnya.

Hand sanitizer ini terbukti ampuh membunuh kuman, virus dan bakteri yang ada di Telapak Tangan. Dengan demikian, risiko Anda tertular penyakit pun akan lebih kecil dibanding orang-orang yang tidak dapat ditangani.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan Pemotor Saat Berhenti di Pinggir Jalan

3. Gunakan sekat atau partisi ojol

Beberapa driver ojek online belakangan sudah menginstal partisi atau sekat pada kendaraan mereka. Hal ini bertujuan untuk membatasi akses antara penumpang dengan pengemudi agar tidak saling bersentuhan. Cara ini terbukti efektif dan banyak datang oleh pengunjung karena dapat meningkatkan keamanan.

4. Membawa helm sendiri

Di tengah pandemi virus corona, berbagai macam akses dan interaksi antar orang pun mengatur.

Sadar atau tidak, banyak pengguna aplikasi ojek online yang lebih memilih menggunakan helmnya sendiri dibanding menggunakan helm yang disediakan oleh pengemudi ojol. 

Nah, sebagai penumpang yang baik, Anda bisa membawa helm sendiri. Hal ini bertujuan meminimalisir kontak dengan helm yang dikenakan oleh orang lain. Karena seperti yang kita tahu, helm ojol tak hanya digunakan oleh satu orang, melainkan digunakan bergantian. 

Itulah tips tadi aman berkendara sebagai ojek online di tengah pandemi virus corona. Bagaimana pun, tetap prioritaskan keselamatan Anda saat berkendara dan taati setiap protokol kesehatan yang berlaku.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *