Connect with us

Nusantara

Tidak Hanya ASN, Warga Salatiga Wajib Tes Rapid Saat Mudik

Published

on

Larangan Mudik Lebaran 2020 Antarafoto (1)
Share

Reporetrsatu, Pemkot Salatiga, menerapkan aturan khusus untuk mencegah penularan COVID-19. Pemudik wajib membawa surat hasil swab atau rapid test dengan hasil negatif saat libur panjang pada akhir Oktober 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah mengatakan, kebijakan itu diterapkan untuk mencegah penularan dan menekan penambahan kasus COVID-19 di Salatiga.

“Warga Salatiga berdomisili di luar daerah yang mudik pada libur panjang akhir Oktober nanti, harus membawa surat hasil swab atau rapid test dengan hasil negatif. Ini kami terapkan untuk mengantisipasi penularan COVID-19,” kata Siti Zuraidah, Sabtu (24/10/2020).

Baca Juga : Pesan Kapolda Jateng Kepada 7 Kapolres Baru

Menurutnya, pemudik juga wajib melaporkan hasil surat keterangan negatif COVID-19 kepada petugas gugus tugas di tingkat rukun tetangga (RT). Pemkot Salatiga, juga akan melakukan pemantauan dan pendataan pemudik hingga tingkat RT. Ini untuk memudahkan petugas dalam melakukan tracing apabila muncul kasus baru.

Tak hanya itu, pada masa libur panjang nanti, Pemkot Salatiga juga akan melakukan pengawasan terhadap pelaku perjalanan. Pengawasan dilakukan secara terpadu oleh tim yang terdiri dari Satpol PP, TNI Polri dan gusgas COVID-19 Salatiga.

“Pemantauan pelaku perjalanan akan dilakukan di Terminal Bus Tingkir Salatiga. Semua pemudik yang turun di Terminal Tingkir akan diperiksa kesehatanya dan surat hasil rapid atau swab dari daerah domisili,” terangnya.

Dia berharap, para perantau bisa memahami kebijakan Pemkot Salatiga dan mematuhinya kalau akan mudik pada libur panjang nanti. “Ini untuk kebaikan bersama. Mari kita saling menjaga dan bersama-sama memutus mata rantai penularan COVID-19. Patuhi protokol kesehatan dan tingkatkan imunitas,” ucapnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *