Connect with us
DomaiNesia

Nusantara

Terminal Tirtonadi Solo, Berambisi Dapatkan Predikat Terminal Sehat Lagi

Published

on

Img 20201016 Wa0054 (1)
Share

Reportersatu, Mendapat predikat terminal sehat yang disabet tahun lalu , Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, diikutkan kembali dalam lomba terminal sehat yang diprakarsai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan siap mendapat gelar itu untuk kedua kalinya.

Dalam lomba terminal sehat, penilaian dan verifikasi lapangan dilaksanakan tim penilai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

“Salah satu poin yang menjadi tinjauan utama adalah pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (new normal) yang kini menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan di tempat publik,” kata Koordinator Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, Jumat (16/10/2020). 

Pada tahun ini, new normal masuk menjadi salah satu kategori penilaian. Sejak awal pandemi COVID-19, pihaknya telah mengikuti arahan-arahan yang diberikan baik oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Kesehatan.

Baca Juga : Ridwan Kamil Beri Tunjangan Untuk ASN Terbaik

Begitu juga dari Pemkot Solo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo. Sehingga pelaksanaan protokol kesehatan tidak pernah kendor. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

Sosialisasi agar para penumpang mematuhi protokol kesehatan terus digencarkan. Diantaranya dengan menggunakan poster dan banner. Selain itu juga selalu diumumkan melalui pengeras suara yang ada di terminal.

Pihaknya telah berupaya maksimal dalam memberikan jaminan rasa aman kepada penumpang dan pengunjung terminal. Untuk penilaian tahun lalu, pihaknya fokus di kebersihan, kerapian, makanan sehat, sumber air sehat, dan toilet sehat.

“Namun sekarang ditambah protokol kesehatan, dan itu sudah kami laksanakan maksimal. Kami optimis dengan penjuriannya,” ujar Joko.

Penanggung jawab pelaksanaan lomba terminal sehat Terminal Tirtonadi Jamaludin mengatakan, penilaian lomba terdiri dari dua hal. Pertama administrasi kesehatan yang disertai data pendukung, dan kedua tinjauan lapangan.

“Yang pertama verifikasi administrasi, kami setorkan sebulan lalu. Kemudian verifikasi lapangan, dengan tim penilai yang terjun langsung ke terminal. Sementara, pengumuman lomba akan berlangsung November mendatang.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *