Connect with us

Kesehatan

Teh Rosella Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Published

on

Teh Rosella Segudang Manfaat Untuk Kesehatan
Share

Reportersatu, Belakangan nama teh rosella tengah diminati banyak orang. Wajar saja, teh dengan air yang berwarna merah merona ini punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Rosella dikenal juga dengan nama ilmiah Hibiscus sabdariffa. Air rebusan bunga rosella menghasilkan rasa yang asam.

Teh dan ekstrak rosella sangat populer di dunia dan dikenal sebagai salah satu obat herbal. Mengutip Organic Facts, teh ini dikenal rendah kalori dan bebas kafein.

Rosella Banyak Mengandung Nutrisi untuk Tubuh

Tak hanya itu, USDA Nutrient Database juga mencatat bawa rosella mengandung banyak nutrisi untuk tubuh seperti kalsium, zat besi, sodium, zinc, magnesium, potasium, serta sejumlah senyawa antioksidan lainnya. Selain itu, rosella juga mengandung beberapa vitamin B seperti niacin dan asam folat.

Berikut manfaat teh dan ekstrak rosella untuk kesehatan, mengutip Healthline.

1. Kaya akan antioksidan

Senyawa antioksidan berfungsi untuk melawan paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menimbulkan sejumlah penyakit.

Teh rosella dikenal kaya akan antioksidan. Dengan begitu, teh ini dipercaya dapat mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas seperti kanker.

loading...

Sebuah studi pada tikus menemukan, ekstrak rosella dapat meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan dampak negatif dari paparan radikal bebas hingga 92 persen.

Kendati demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan hal tersebut.

2. Menurunkan tekanan darah

Teh rosella dikenal akan manfaatnya yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Sejumlah studi menemukan, teh rosella mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Sebuah studi menemukan, konsumsi teh rosella pada 65 orang dengan tekanan darah tinggi dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan.

Kendati ampuh untuk menurunkan tekanan darah, namun rosella tak direkomendasikan untuk mereka yang tengah mengonsumsi hydrochlorothiazide. Nama terakhir merupakan obat diuretik yang digunakan untuk mengatasi tekanan darah.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menemukan bahwa teh rosella dapat menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Sebuah studi menunjukkan, konsumsi teh rosella pada orang dengan diabetes selama satu bulan ditemukan dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) serta trigliserida.

Baca Juga : Tips Meredakan Nyeri Penderita Arthritis

Studi lain terhadap pengidap gangguan metabolisme menunjukkan, konsumsi 100 mg ekstrak rosella dapat menurunkan kadar kolesterol.

Namun, kebanyakan studi melibatkan partisipan yang terbatas dan spesifik dengan kondisi-kondisi tertentu. Dibutuhkan penelitian yang lebih besar untuk membuktikan manfaat tersebut.

4. Meningkatkan kesehatan liver

Liver adalah salah satu organ tubuh paling utama. Sebuah studi menunjukkan, ekstrak rosella dapat meningkatkan kesehatan liver.

Studi pada 19 orang dengan kelebihan berat badan menemukan, konsumsi ekstrak rosella selama 12 pekan dapat membantu membuat liver tetap berfungsi dengan baik.

5. Menurunkan berat badan

Sejumlah studi telah memperlihatkan manfaat teh rosella untuk penurunan berat badan. Sebuah penelitian menemukan, konsumsi ekstrak rosella pada 36 orang dengan kelebihan berat badan dapat membantu menurunkan berat badan, lemak pada tubuh, dan indeks massa tubuh.

Kendati demikian, sederet manfaat ini hanya bisa didapat jika teh atau ekstrak rosella dikonsumsi dengan benar.

Mengutip Medical News Today, alih-alih menyehatkan, dosis tinggi ekstrak rosella justru berisiko merusak liver.

Para ibu hamil dan mereka yang tengah menjalani pengobatan malaria juga tidak disarankan mengonsumsinya.

Demi keamanan dan hasil yang lebih baik, Anda disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teh atau ekstrak rosella.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *