Connect with us

Kesehatan

Simak Beberapa Manfaat Berkedip Yang Kerap di Sepelekan

Published

on

Share

Reportersatu, Berkedip mungkin adalah suatu hal yang jarang sekali kamu sadari. Padahal, aktivitas ini hampir setiap detik kamu lakukan. Saking jarang disadari, berkedip kerap disepelekan. Padahal, berkedip punya banyak manfaat untuk kesehatan mata, lho! Kecepatan berkedip setiap orang memang berbeda-beda. Namun, kebanyakan orang rata-rata berkedip sekitar 15 hingga 20 kali setiap menit. 

Setiap kedipan berlangsung antara 0,1 dan 0,4 detik. Mengingat berapa kali rata-rata orang berkedip per menit, ini merupakan sekitar 10 persen dari waktu Anda terjaga.

Baca Juga : Ragam Manfaat Teh Blackcurrant Bagi kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan tentang seberapa sering Anda berkedip berdasarkan jenis kelamin atau usia Anda.

Berkedip penting untuk kesehatan mata Anda. Ini memainkan peran kunci dalam:

  • membersihkan kotoran dari mata Anda, seperti partikel kecil dari udara, air mata kering, dan sel-sel mati
  • loading...
  • membawa nutrisi dan zat lain ke mata Anda yang membantu menjaganya tetap sehat
  • membasahi mata Anda, yang mencegah mata kering dan mengurangi risiko masalah dengan film air mata Anda
  • membawa oksigen ke mata Anda

Semua fungsi ini juga membantu mencegah infeksi mata. Selain itu, berkedip memungkinkan otak Anda beristirahat sebentar, membantu Anda kembali fokus pada apa pun yang sedang Anda lakukan.

Alasan di Balik Mata Lebih Jarang Berkedip

Alasan umum Anda mungkin lebih jarang berkedip adalah karena sindrom penglihatan komputer. Ini bisa terjadi bila Anda menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa Anda berkedip 66 persen lebih sedikit saat menggunakan komputer. Jika Anda mengalami mata kering saat menggunakan komputer, itu mungkin karena Anda lebih jarang berkedip.

Namun, setidaknya itu lebih baik daripada tidak berkedip sama sekali.

Jika Anda tidak berkedip, atau tidak cukup sering berkedip:

  • Kornea Anda bisa membengkak. Kornea Anda tidak memiliki pembuluh darah, sehingga membutuhkan oksigen dari lapisan air mata, yang didapatnya saat Anda berkedip. Jika Anda jarang berkedip, kornea Anda tetap mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Namun jika Anda tidak berkedip, kekurangan oksigen bisa menyebabkan pembengkakan kornea. Faktanya, kornea Anda bahkan sedikit membengkak saat Anda tidur, tetapi kembali normal segera setelah Anda bangun.
  • Mata Anda tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat.
  • Mata Anda bisa mengering, karena selaput air mata Anda tidak terisi kembali. Ini dapat menyebabkan sakit mata dan penglihatan kabur.
  • Risiko infeksi mata Anda meningkat karena kotoran yang tertinggal di mata Anda dan kekurangan oksigen di mata.

Meskipun ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan Anda lebih sering atau lebih jarang berkedip, perubahan kecepatan berkedip jarang merupakan pertanda adanya masalah serius.

Jika Anda melihat perubahan dalam kedipan dan tanda-tanda infeksi mata, gejala neurologis, atau cedera mata baru-baru ini, bicarakan dengan dokter Anda.  Dalam kasus ini, ini mungkin merupakan tanda dari kondisi yang lebih serius.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *