Connect with us

Wisata

Shilin Market, Pasar Malam Terbesar Surganya Belanja dan Kuliner di Taiwan

Published

on

Bc31a434bf8107aa8aa7ef7892862e3b (1)
Share

Reportersatu, Saat berkunjung ke Taiwan Shilin Market merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Shilin Market adalah pasar Malam terbesar dan terbaik di Taiwan. Di tempat ini wisatawan bisa menjelajahi kuliner Taiwan dan menikmati pemandangan malam di Kota ini.

Terletak di antara Jalan Dadong, Danan, Wenlin dan Jihe, pasar malam Shilin memiliki letak yang sangat strategis. Apalagi lokasinya sangat dekat, hanya sekitar 70 meter dengan Stasiun MRT Jianta. Karena letaknya yang startegis Shilin Market tidak pernah sepi oleh kunjungan wisatawan. Dulunya Shilin Night Market merupakan bekas sebuah dermaga di Sungai Keelung.

Baca Juga : Perkemahan Unik Dari Barang Bekas Untuk Wisatawan di Belanda

Pasar ini sudah sangat tua, resmi didirikan pada 1909, pasar ini kemudian diresmikan pada 1913, tetapi beroperasi siang hari. Menyusul banyaknya pelanggan, banyak bisnis baru pun tumbuh di pasar ini, termasuk para penjaja makanan. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi kemunculan Pasar Malam Shilin.

Diklaim sebagai pasar terbesar dan terbaik di Taipei, Taiwan, pasar malam Shilin memiliki keunikan lorong-lorong yang menjajakan beragam produk, mulai dari produk lokal, tradisional hingga internasional.

Beragamnya produk yang dijual, tidak mengherankan jika pasar malam Shilin tidak hanya menjadi ‘pasar malam masyarakat sekitar’, tetapi sudah menjelma menjadi salah satu tempat belanja wajib bagi para pelancong dari berbagai kota dan negara.

Pasar malam Shilin terdiri dari dua elemen utama, yaitu barang umum dan masakan lokal. Artinya selain bisa membeli berbagai produk unik wisatawan bisa menemukan berbagai kuliner lokal.

Bagian pasar yang menjajakan panganan ada di tepi barat, yang oleh masyarakt sekitar disebut dengan ‘surga makanan bawah tanah’. Makanan yang bisa dibeli dan dicicip di tempat ini antara lain, Steak Ayam Goreng Raksasa, Tempura, Bubble Tea, Tiram Omelet Tiram Omelet, Roti Goreng dan tentu saja, kuliner khas Taiwan yaitu Stinky Tofu. Meski terdapat beragam pilihan kuliner, Oyster Omelet merupakan makanan yang yang wajib dijajal saat di pasar malam Shlilin.

Orang sekitar menyebut menu ini dengan nama é ā jiān. Makanan ini, terdiri dari telur dadar berisi tiram kecil. Lalu, ada tepung kentang yang dicampur dengan adonan telur untuk membuat adonan telur lebih tebal. Daging babi juga kerap digunakan sebagai campuran dalam makanan ini.

Sementara untuk menambah cita rasa, saus gurih kerap dituangkan di atas telur dadar. Namun, jika menginginkan rasa yang lebih kuat, bisa pula ditambahkan saus pedas atau juga cabai yang dicampur dengan jeruk nipis.

Makanan-makanan itu dijual dengan harga yang terjangkau, sehingga tak perlu khawatir kantong jebol dengan berwisata kuliner di tempat ini.

Satu tips bagi yang ingin mengunjungi pasar malam Shilin, datanglah lebih awal. Pasar ini buka sejak pukul 16.00 hingga 01.00 dini hari, tetapi jika ingin lebih puas berwisata kuliner, datanglah sekitar pukul 20.00-23.00 yang merupakan puncak dari waktu opersional pasar setiap harinya.

Selain itu, perlu berhati-hati jika ingin membeli makanan di pasar malam ini, terutama yang memiliki pantangan atau alergi terhadap makanan tertentu. Pasalnya, gerobak makanan yang ada di pujasera pasar malam ini jarang yang bertuliskan Bahasa Inggris. Mayoritas menggunakan tulisan atau bahasa Taiwan. Dengan demikian, agar tidak salah memesan makanan, pastikan bertanya terlebih dahulu kepada penjual perihal menu yang disajikan. 

Sementara itu, selain makanan di pasar malam Shilin juga terdapat banyak produk lain, seperti pakaian, perhiasan, pernak-pernik oleh-oleh dan lain sebagainya. Barang-barang yang dijual di tempat ini bagus dan harga yang murah, bahkan bisa mendapatkan beragam pakaian wanita baru, seperti kemeja, kaus, rok, gaun, dengan kualitas bagus, hanya dengan rentang harga kurang dari Rp 100 ribu.

Tidak akan cukup meluangkan waktu hanya beberapa jam atau bahkan semalam untuk menjelah pasar malam yang begitu luas itu. Karena, jumlah pujasera di kawasan pasar malam ini mencapai 539 gerai.

Puas berbelanja dan berwisata kuliner, wisatawan masih bisa menikmati kesenangan yang lain di pasar malam Shilin, yaitu menonton di bioskop, arcade video atau juga berkaraoke di tempat-tempat yang ada di sekitar pasar malam.

Bagi yang tidak menyukai wisata belanja atau juga kuliner serta hiburan lainnya, masih bisa menikmati keindahan Shilin di malam hari dengan sekedar berjalan di lorong-lorongnya dan melihat langsung bagaimana masyarakat setempat saling berinterkasi dan berniaga.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *