Connect with us

Kesehatan

Sering Buang Air Kecil, Akibat Tubuh Kekurang Kalium

Published

on

070587000 1523954349 Istock 835856612
Share

Reportersatu, Kita sering mendengar penyakit yang disebabkan kekurangan kalium. Penyakit kekurangan kalium banyak menimpa banyak orang dari anak-anak hingga dewasa. Kekurangan kalium atau hipokalemia adalah kondisi dimana kadar kalium dalam tubuhberada di bawah batas normal.

Kalium atau potasium merupakan salah satu jenis mineral dan elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kekurangan kalium bisa disebabkan berbagai hal. Berikut beberapa penyakit yang disebabkan kekurangan kalium.

Baca Juga : Telat Datang Bulan, Kayu Manis Bantu Lancarkan Siklus Haid

1. Sering masuk angin

Penyakit satu ini merupakan penyakit yang biasa dijumpai sehari-hari. Bahkan dianggap sebagai hal kecil, tapi ternyata keseringan masuk angin juga perlu diwaspadai. Masuk angin satu atau dua kali termasuk yang wajar, tapi jika sering sekali masuk angin itu merupakan tanda bahwa tubuh kita kekurangan kalium.

2. Pencernaan yang kurang lancar

Kekurangan kalium mempengaruhi pencernaan, ketika merasa ada masalah dengan pencernaan kita harus mengetahui kadar kalium yang ada di tubuh. Konsumsi pisang dan susu yang banyak, untuk membantu pencernaan kembali dengan normal. Karena terdapat kandungan kalium yang tinggi di dalam pisang dan susu.

3. Tubuh merasa lemas

Ketika kita sudah makan dengan cukup dan olahraga dengan cukup tapi tubuh masih terasa lemas bahkan sampai tidak bisa melakukan apa-apa, itu merupakan salah satu akibat dari kekurangan kalium. Jadi, kita harus menkonsumsi makanan tinggi kalsium.

4. Nyeri pada otot

Kekurangan kalium akan menyebabkan rasa nyeri pada otot, kram dan pegal di seluruh tubuh. Hal ini, karena kerja otot yang terhambat karena kadar kalium yang tidak terpenuhi di dalam tubuh. Penyakit yang terdengar biasa tapi jika terlalu sering nyeri otot, kita harus tetap waspada dan langsung bertindak untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium.

5. Buang air kecil terus-menerus

Terus-menerus buang air kecil bukan merupakan penyakit, tapi akibat yang terjadi jika kalium dalam tubuh berada di titik rendah. Tidak ada cairan yang masuk, tetapi terus menerus buang air kecil. Dengan ketidakseimbangnya asupan cairan dan keluarnya cairan merupakan hal yang berbahaya.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *