Connect with us

Internasional

Semarakkan Ramadhan, Muslim Indonesia di Canberra Selenggarakan Beragam Acara

Published

on

Share

Reportersatu, Berbagai kegiatan keagamaan dan sosial di selenggarakan Masyarakat Muslim Indonesia di Canberra untuk menyemarakkan bulan Suci Ramadhan 1442 H.

Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia , M Syarif Alatas mewakili Duta Besar RI Canberra, menyambut hangat pelaksanaan kegiatan ini dan berharap masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan momentum Ramadhan untuk meningkatkan keberkahan dalam ibadah dan menjaga kesehatan bersama.

Setiap Sabtu sore (17 April dan 24 April) bertempat di Balai Kartini, KBRI Canberra, puluhan keluarga Indonesia dengan antusias mengikuti rangkaian kegiatan; pengajian untuk anak dan remaja, buka puasa bersama dengan menu khas Indonesia, diskusi seputar dunia Islam dan Sholat Taraweh berjamaah. Kegiatan berikutnya dilaksanakan Sabtu, 1 Mei dan 8 Mei mendatang.

loading...

Baca Juga : Joe Biden Resmi Akui Genosida Armenia Oleh Kekaisaran Ottoman

“Menu masakan Indonesia dan semangat gotong royong penyiapannya mampu mengobati kerinduan kita pada suasana Ramadhan di tanah air,” ungkap Ismail, salah satu panitia dalam kegiatan itu.

Selain acara buka puasa, diadakan juga seminar hasil kolaborasi Australia Indonesia Muslim Foundation – Australian Capital Territory (AIMF-ACT), Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan KBRI Canberra dalam seminar bertema “Let’s talk about mental health” pada 25 April 2021.

Seminar ini menghadirkan pembicara ahli Psikologis Klinis di Canberra, Dr Sally Khalek. Seminar diselenggarakan secara hybrid dari KBRI Canberra dan dihadiri para anggota DWP serta anggota pengajian muslimah baik secara tatap muka maupun daring.

Panitia juga menyelenggarakan kegiatan sosial dengan kunjungan silaturahmi ke pinisepuh WNI/diaspora Indonesia yang sudah sangat lama menetap di Australia.

Kunjungan sosial ini mampu melestarikan hidup guyub, rukun dengan silaturahmi khas orang Indonesia.

Panitia juga melaksanakan penyediaan takjil di Mushallah Australian National University (ANU), pengumpulan Zakat, Infak dan Sodaqoh (ZIS) yang nantinya akan disalurkan ke pihak-pihak yang membutuhkan di berbagai daerah di tanah air.

Dalam setiap kegiatan, masyarakat muslim Indonesia di Canberra melakukan doa bersama bagi keselamatan bangsa dan negara Indonesia yang akhir-akhir ini sedang diuji berbagai ujian dari pandemi Covid-19, bencana alam, dan kecelakaan tenggelamnya KRI Nanggala 402.

Kegiatan yang didukung penuh KBRI Camberra yang dari tahun ke tahun bekerja sama dengan AIMF-ACT yang menaungi komunitas Muslim Indonesia seperti Kelompok Pengajian University of Canberra (UCKUM), Pengajian Khataman, Pengajian Keluarga, Majelis Muslimah Canberra (MMC) dan TPA Ceria Canberra.

Presiden AIMFACT, Marpudin Azis, mengungkapkan penghargaan yang sangat besar kepada KBRI atas dukungannya dan juga kepada komunitas Muslim Indonesia yang bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan Ramadhan yang dilaksanakan oleh dan untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di ibu kota Australia.

Kegiatan yang akan terus berlanjut hingga akhir Ramadhan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan sesuai aturan Pemerintah Australia.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *