Connect with us

Nusantara

Semarakan Ramadhan, Tahanan Polda Jatim Ngaji Bareng Selama Bulan Puasa

Published

on

Share

Reportersatu, Begitu syahdu dan enak didengar untuk pertama kalinya, pelaku kejahatan  yang  ditahan di Mapolda Jawa Timur  ngaji bareng secara bergiliran. Alunan ayat suci Alquran yang berkumandang di ruang tahanan itu.

Kegiatan di bulan Ramadan ini atas inisiatif  Dirtahti Polda Jatim AKBP Deny Abraham. Bahkan giat itu juga diberi nama  “Tahjil Ramadan”  (Tahanan Ngaji di Bulan Ramadan).

loading...

Para tahanan Polda Jatim mengaji pada pagi dan sore hari. Mereka mengaji dengan dipandu ustaz dan dibagi menjadi beberapa kelompok.

Baca Juga : Khofifah Ungkap Warga Jatim Yang Nekat Mudik Akan Dikarantina 5 Hari

“Para tahanan ini sedang mengikuti program Tahjil Ramadhan, yang merupakan singkatan dari tahanan mengaji di bulan Ramadhan,” ujar AKBP Deny Abrahams di Surabaya, Kamis (22/4/21).

Deny memaparkan, program ini menjadi salah satu upaya Polda Jatim dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan para tahanan. Ketika mengaji, mereka dibagi dalam dua kelompok.

“Ada kelompok tahanan yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan kelompok tahanan yang sudah bisa membaca Al-Qur’an tetapi belum lancar,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Deny menyebut program ini akan dilangsungkan selama 30 hari penuh. Deny berharap, kebiasaan mengaji ini dapat dilanjutkan para tahanan usai Ramadhan berakhir. Bahkan ketika mereka sudah dipindah ke rutan atau lapas hingga ‘lulus’ dari penjara.

“Harapannya, setelah keluar dari sini dapat berperilaku yang baik dan tidak mengulangi perbuatannya,” ungkap dia.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *