Connect with us

Kesehatan

Selain Dapat Mengatasi Jerawat, Ini 12 Kegunaan Tea Tree Oil

Published

on

22239 Tea Tree Oil (1)
Share

Reportersatu, Tea tree oil adalah minyak atsiri yang diekstrak dari tanaman Melaleuca alternifolia dari Australia. Minyak esensial ini paling dikenal sebagai obat jerawat dan ketombe alami. Namun sebenarnya tea tree oil memiliki khasiat yang lebih beragam. Berikut ini beberapa di antaranya yang mungkin belum pernah Anda dengar.

1. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Hand Sanitizer

Tea tree oil bisa dimanfaatkan sebagai hand sanitizer alami. Sejumlah penelitian menunjukkan tea tree oil mampu membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk E. coli, S. pneumoniae, dan H. influenzae. Sebuah studi juga membuktikan penambahan tea tree oil pada sabun antisseptik bisa meningkatkan efektivitasnya dalam membunuh E. coli.

Baca Juga : Cara Mudah Mengurangi Pigmen Hitam di Wajah Secara Alami

2. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Deodoran Alami

Sifat antibakteri yang dimiliki tea tree oil bisa membantu mengontrol bakteri penyebab aroma tak sedap pada ketiak dan bau badan pada umumnya.

3. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Antiseptik untuk Luka Ringan

Tea tree oil bisa difungsikan sebagai antiseptik untuk luka sayat dan luka gores ringan, karena bisa membunuh S. aureus penyebab infeksi. Anda bisa mengoleskan setetes tea tree oil yang sudah diencerkan dengan satu sendok makan minyak kelapa murni (bukan minyak kelapa sawit) maksimal dua kali sehari. Setelah itu, tutup luka dengan plester.

4. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Selain mencegah infeksi, tea tree oil juga bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka. Hasil riset menunjukkan kalau tea tree oil mampu meredakan inflamasi dan merangsang sel darah putih untuk menjalankan proses pemulihan pada kulit.

5. Membunuh Jamur Kuku

Infeksi jamur yang menyebabkan kuku menebal, kasar, rapuh, dan berwarna kekuningan bisa diatasi dengan tea tree oil. Observasi yang dilakukan kepada para pasien infeksi jamur kuku menunjukkan 60 persen di antaranya sembuh dari infeksi setelah dirawat dengan tea tree oil selama 6 bulan.

6. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Obat Kumur Alami

Penelitian menunjukkan kalau tea tree oil bisa melawan kuman penyebab pembusukan kuman dan bau mulut. Sebuah studi juga menunjukkan kalau tea tree oil lebih efektif dalam melawan bakteri penyebab plak daripada chlorhexidine. Walaupun begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung temuan ini.

7. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Pembersih Rumah Tangga Plus Disinfektan Alami

Tea tree oil bisa difungsikan sebagai pembersih rumah tangga sekaligus disinfektan untuk permukaan perabot rumah tangga yang bebas bahan kimia berbahaya. Anda bisa mencampur 20 tetes tea tree oil dengan 180 ml air dan 120 ml cuka apel untuk tujuan ini. Tuang ke botol semprot, lalu percikkan ke permukaan perabot sebelum dilap bersih.

8. Meredakan Inflamasi dan Iritasi Kulit

Tea tree oil juga mampu menenangkan kulit yang mengalami inflamasi dan iritasi, misalnya dermatitis kontak yang disebabkan interaksi kulit dengan iritan dan alergen. Riset yang dilakukan pada manusia dan binatang menunjukkan aplikasi topikal tea tree oil bisa meringankan rasa gatal, kemerahan, dan sensasi pedih pada kulit teriritasi hingga 40 persen.

9. Meredakan Reaksi Kulit Akibat Gigitan Serangga

Tea tree oil terbukti mampu menenangkan kulit yang bentol, kemerahan, dan terasa gatal akibat gigitan serangga. Anda bisa membuat minyak oles untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk dengan mencampur 10 tetes tea tree oil, 1 sendok makan extra virgin olive oil, dan 1 sendok makan minyak kelapa murni yang sudah dilelehkan.

10. Meringankan Kutu Air (Tinea pedis)

Kutu air adalah infeksi jamur Tinea pedis yang biasanya muncul di sela-sela jari kaki. Ciri-cirinya adalah pengelupasan, kulit pecah-pecah, melepuh, dan kemerahan. Jamur ini bisa menyebar hingga ke kuku dan tangan.

Studi yang dilakukan pada 158 penderita kutu air menunjukkan peningkatan kondisi kulit pada 72 persen partisipan yang dirawat dengan tea tree oil. Walaupun begitu, penelitian yang sama menunjukkan tea tree oil lebih efektif dalam meringankan kondisi kulit yang menyertai infeksi kutu air daripada membunuh jamur penyebabnya.

11. Mencegah Pembusukan Buah dan Sayur

Buah dan sayuran segar rawan mengalami pembusukan, terutama di tengah cuaca hangat di mana jamur Botrytis cinerea mudah berkembangbiak. Sejumlah penelitian membuktikan terpinen-4-ol dan 1,8-cineole pada tea tree oil bisa menghambat pertumbuhan jamur ini pada buah dan sayuran.

Agar bahan makanan Anda tidak mudah busuk, tak ada salahnya menambahkan 5–10 tetes tea tree oil pada air yang digunakan untuk mencuci buah dan sayuran.

12. Meringankan Gejala Psoriasis

Psoriasis adalah suatu kondisi autoimun yang ditandai kulit kemerahan, gatal, dan bersisik. Penyakit ini memang belum ditemukan obatnya, namun obat yang bisa meringankan gejalanya bisa digunakan untuk perawatan sehari-hari.

Tea tree oil mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat meringankan gejala psoriasis. Campur 10–15 tetes minyak dengan dua sendok makan minyak kelapa yang sudah dilelehkan. Usapkan pada kulit yang bermasalah 2–3 kali per hari sesuai kebutuhan.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *