Connect with us

Seni & Budaya

Sejarah Warisan Tari Tradisional dari Aceh

Published

on

Sejarah Warisan Tari Tradisional Dari Aceh
Share

Reportersatu, Tari tradisional Aceh Tarian daerah dari salah satu Provinsi di Indonesia, yakni Tari Tradisional Aceh , yang begitu melegenda dan mendunia.

Kekayaan suku dan budaya di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh masyarakat Aceh sejak zaman dahulu, bahkan kita semua tahu, bahwa kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Perlak, yang bertempat di Provinsi Aceh. Dari masa itu, Tari Tradisional Aceh telah mulai dikembangkan.

loading...

Aceh yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekkah ini memang sangat kental dengan budaya islamisasi, hampir keseluruhan Tarian asal Aceh , budaya dan mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam.

Selain itu, Aceh juga tersohor dengan tariannya yang sangat terkenal dan sudah Go Internasional, sebut saja seperti Tari Saman asal Aceh, yang bahkan telah menjuarai beberapa lomba tari di berbagai belahan negara di dunia.

Baca Juga : Filosofi Gerakan Pencak Silat Minangkabau

Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo.

Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara.

Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *