Connect with us

Internasional

Saudi Kerahkan Rudal Patriot Untuk Hancurkan Rudal Houthi Hingga Meledak di Langit

Published

on

Share

Reportersatu, Beberapa ledakan terdengar di atas ibu kota Arab Saudi. Insiden itu membuat langit malam Riyadh menyala dengan kilatan terang. Peristiwa ini terjadi setelah Angkatan Bersenjata Arab Saudi mencegat serangan rudal hingga meledak di langit, yang diduga diluncurkan pemberontak Houthi dari Yaman.

Dilansir Associated Press, Senin (1/3), pemberontak Houthi meluncurkan sebuah rudal dan tiga drone yang dipersenjatai ke arah Provinsi Jizan, Arab Saudi. Tidak ada korban jiwa dalam serangan itu.

loading...

Rekaman upaya militer Saudi mencegat rudal yang diluncurkan pemberontak Houthi itu ditayangkan oleh stasiun televisi Saudi, Al-Ekhbariya TV. Di dalam rekaman itu terdengar para penduduk menjerit dan kemudian berlarian menghindari serangan rudal kemudian berhasil dicegat dan meledak di langit.

Diperkirakan Saudi mengerahkan rudal Patriot buatan Amerika Serikat untuk menghancurkan rudal Houthi itu.

Baca juga : Angkatan Bersenjata India Latih Sejumlah Anjing Pelacak Untuk Deteksi Covid-19

Menurut Juru Bicara Pasukan Koalisi Saudi, Kolonel Turki al-Maliki, kelompok Houthi melakukan upaya sistematis untuk menyerang dan mengancam penduduk sipil.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Riyadh lantas menerbitkan peringatan bagi para warganya yang berada di Saudi supaya tetap waspada jika terjadi serangan lanjutan.

Akibat serangan rudal dan drone Houthi, sejumlah maskapai mengubah rute pendaratan hingga menunda penerbangan akibat khawatir menjadi sasaran.

Menurut Juru Bicara Kementerian Pertahanan Saudi, Mohammed al-Hammadi, puing-puing rudal Houthi yang dicegat itu jatuh menimpa sebuah rumah, tetapi tidak menimbulkan korban luka ataupun jiwa.

Serangan pemberontak Houthi yang didukung Iran terhadap Arab Saudi semakin gencar meski Amerika Serikat menyatakan akan mencabut mereka dari daftar kelompok teroris.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *