Connect with us

Peristiwa

Satgas Nemangkawi Temukan Catatan Bantuan Dana Dari Pemda Puncak ke KKB

Published

on

Share

Reportersatu, Satgas Nemangkawi menyita sejumlah barang bukti dari terduga pemasok senjata ke teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, Ratius Murib alias Neson Murib. Salah satunya buku agenda berisi catatan bantuan uang tunai dari Pemda Puncak Rp 600 juta untuk pimpinan KKB, Lekagak Telenggen.

Penangkapan itu dilakukan kepada Ratius Murib alias Neson Murib saat sedang transit di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya ketika hendak pergi ke Timika pada Senin (14/6) kemarin. Namun demikian, tak diketahui pasti pihak Pemda yang diduga terlibat dalam perkara tersebut.

loading...

“Sedang kami dalami terkait hal tersebut, apakah memang ada pemberian uang ke Lekagak Telenggen,” kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudussy saat dikonfirmasi, Selasa (15/6/21).

Baca Juga : Terlibat Jaringan Penjual Senpi ke KKB, Satgas Nemangkawi Tangkap Ratius Murib

Dari informasi yang didapat, tercantum bahwa pemberian dana itu dilakukan pada 6 Februari 2021. Tertera bahwa bantuan diberikan oleh Pemda Puncak kepada Lakagak Telenggen.

Selain itu, mereka juga diduga menerima bantuan-bantuan lain dari simpatisan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Kemudian, terdapat juga buku catatan lain yang berisi penolakan otonomi khusus dan aksi penembakan di wilayah Kabupaten Puncak.

Penyidik, kata dia, juga menemukan sejumlah buku tabungan dan kartu ATM di beberapa bank. Terdapat juga bukti surat kwitansi pembelian dengan stampel TPNPB.

“Tim masih akan terus menggali informasi sumber dana serta aktivitas pengiriman uang untuk membeli senjata dan amunisi dari terduga Neson Murib,” kata Iqbal.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *