Connect with us

Nasional

Satgas Covid Pastikan Vaksin Merah Putih Masuk Program Vaksinasi Pemerintah

Published

on

Share

Reportersatu, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya memasuki uji pra klinis pada hewan besar. Setelah berhasil, maka akan dilanjutkan dengan uji klinis yaitu penyuntikan kepada relawan.

Pengembangan Vaksin Merah Putih merupakan kolaborasi lembaga riset di antaranya lembaga pemerintah non kementerian, dan perguruan tinggi, seperti LBM Eijkman, LIPI, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga dan Universitas Gajah Mada.

loading...

“Vaksin Merah Putih saat ini memasuki uji pra klinis pada hewan besar. Setelah uji pra klinis pada hewan berhasil maka akan dilanjutkan uji klinis pada relawan. Vaksin Merah Putih akan tetap masuk program pemerintah,” ujar Wiku dalam keterangan yang diterima, Rabu (19/5/21).

Wiku juga menegaskan bahwa Vaksin Merah Putih diselenggarakan sesuai prosedur dan cara kerja sesuai standar atau mengacu good manufacturing practice sebagaimana tertuang dalam Peraturan Kepala Badan POM RI Tahun 20212 tentang Penerapan Pedoman Cara Pembuatan Obat Yang Baik.

Namun meski masih proses uji pra klinis, Wiku memastikan, vaksin Merah Putih karya anak bangsa ini akan masuk dalam program vaksinasi pemerintah.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *