Connect with us

Nusantara

Sambut Kedatangan Pekerja Migran ke Jatim, Daerah diminta Siapkan Tempat Karantina

Published

on

Share

Reportesatu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo menyatakan, meminta daerah-daerah menyiapkan tempat karantina untuk menampung para pekerja migran (PMI). Jelang kepulangan 14 ribu pekerja migran asal Jawa timur yang akan kembali ke Indonesia karena habis kontrak. Di tempat penampungan di daerah, pekerja migran akan menjalani karantina selama tiga hari.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan skema menyambut kedatangan belasan ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan akibat habis kontrak. Setibanya di bandara, PMI yang datang akan dilakukan swab.

loading...

“Kalau positif langsung masuk RS lapangan atau RS rujukan. Mereka akan dikarantina dua hari sambil nunggu hasil swab keluar,” ujar Himawan di Surabaya.

Baca Juga : Peringati Hari Tari Dunia, Pemkot Solo Libatkan 400 Penari

Setelah menjalani karantina dua hari, dan hasil swabnya keluar dengan hasil negatif Covid-19, mereka akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Namun setibanya di kampung halaman, mereka tidak langsung pulang ke rumah, melainkan akan kembali menjalani karantinya selama tiga hari.

Setelah menjalani karantina tiga hari di daerah asalnya, mereka akan kembali diswab untuk menegaskan terbebas dari Covid-19 sebelum dikembalikan ke keluarga masing-masing.

“Diserahkan ke kabupaten/ kota mereka karantina 3 hari. Hari kelima swab lagi kalau negatif boleh kembali ke rumah,” kata Himawan.

Himawan menyatakan, daerah-daerah di Jatim terus berkoordinasi dalam upaya menyiapkan rumah karantina. Begitu pun dinas kesehatan kabupaten/ kota, yang nantinya akan menyiapkan alat swab untuk para pekerja migran tersebut.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *