Connect with us
DomaiNesia

Nusantara

Ridwan Kamil Beri Tunjangan Untuk ASN Terbaik

Published

on

Rk Asn (1)
Share

Reportersatu, Delapan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jabar menerima penghargaan berupa tunjangan kinerja dan jamuan makan siang dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil, sebagai bentuk apresiasi atas kinerjanya.

Kedelapan ASN yang beruntung itu merupakan pegawai berkinerja terbaik bulan ini (Employee of the Month) edisi kedua, Agustus 2020. Selain tunjangan dan jamuan makan siang yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, mereka juga menerima piagam penghargaan dan piala bergilir. 

“Dari ribuan (ASN Pemprov Jabar), tentu yang berikhtiar bekerja, bapak/ibu (Employee of The Month) terpilih sebagai insan terbaik dan tentunya ini adalah kebahagiaan,” kata Ridwan Kamil.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, pegawai berkinerja terbaik bulan ini merupakan salah satu inovasi Pemprov Jabar dalam meningkatkan dan mengapresiasi kinerja para ASN. 

“Kami ingin mengapresiasi para ASN yang mungkin tidak pernah bersentuhan langsung dengan saya, tapi saya tahu para ASN bekerja dengan luar biasa dan itu yang harus saya apresiasi,” ujar Kang Emil.

Kepada delapan ASN terbaiknya itu, Kang Emil berpesan agar intens meniatkan bekerja untuk ibadah dan bermanfaat bagi masyarakat Jabar. Dia juga menekankan, penghargaan yang diberikan jangan menjadi tujuan utama dalam bekerja maupun melayani masyarakat.

Baca Juga : NTT Resmikan Lab Biomolekuler Untuk Pemeriksaan Covid-19 Gratis

“Bagi ASN yang belum mendapatkan penghargaan, semangat bekerja jangan menurun karena sudah bersumpah menjadi ASN yang bertugas melayani masyarakat. Tolong sampaikan juga ke ASN lain bahwa kita terus berinovasi,” ujar Gubernur.

Kang Emil menuturkan, tugas ASN pada masa depan akan dinamis seiring berkembangannya teknologi yang dapat menyelesaikan tugas-tugas rutin. Oleh karena itu, di meminta ASN di lingkungan Pemprov Jabar terus berinovasi dan beradaptasi dengan tugas-tugas yang dinamis.

“Jabatan di masa depan adalah jabatan yang dinamis. Pegawai berkinerja terbaik bulan Agustus pun telah menyelesaikan tugas-tugas yang dinamis, mengelola ketidakpastian, mengelola sebuah SOP (standar operasional prosedur) supaya dipatuhi, dan lain sebagainya,” tutur Kang Emil.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada empat tahap seleksi dalam pemilihan pegawai berkinerja terbaik. Menurutnya, ASN yang mendaftar sebagai calon pegawai berkinerja terbaik semakin banyak setiap bulannya.

Untuk pegawai berkinerja terbaik bulan Agustus, terdapat 46 ASN dari jabatan pimpinan tinggi (JPT) yang mendaftar. Kemudian, 346 ASN dari jabatan administrasi, 975 ASN dari jabatan pengawas, 1.737 ASN dari jabatan fungsional, dan 6.300 ASN dari jabatan pelaksana.

“Ada delapan orang Employee of The Month, termasuk salah satunya ada Employee of Three Months karena untuk Eselon II atau JPT pratama setiap tiga bulan,” kata Setiawan.

“Employee of The Month ini memang salah satu yang menjadi tradisi dan terobosan di Jabar. Semua yang masuk dalam Employee of The Month, kita catat dalam talent management. Jawa Barat sedang menyusun namanya talent management dimana mereka ini adalah kandidat. Kalau terus berprestasi, salah satu pengisi jabatan untuk yang berikutnya,” ujar Sekda Jabar.

Setiawan mengungkapkan, pegawai berprestasi yang dinilai setiap bulan adalah para pegawai yang memiliki pekerjaan tidak rutin. Artinya, mereka adalah pegawai yang melaksanakan pekerjaan yang bersifat dinamis, salah satunya bertugas sebagai fasilitator pengadaan tanah.

Setiawan berharap, dengan adanya Employee of The Month, para ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan melahirkan prestasi serta inovasi.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *