Connect with us

Kuliner

Resep Beef Steak Daging Sapi Menjadi Menu Millenial

Published

on

Resep Beef Steak Daging Sapi Menjadi Menu Millenial
Share

Reportersatu, Steak atau beef steak (bifstik) merupakan makanan berbentuk daging sapi yang diiris dengan cara dipotong untuk setelah itu diproses menjadi panganan siap santap. Cara membuat steak daging atau bifstik dapat diolah melalui banyak teknik, seperti dipanggang, digoreng, ataupun dibakar.

Hal ini seringnya disesuaikan dengan selera dan budaya adat di tempat tersebut. Misalnya di Amerika, steak atau beef steak seringnya dihidangkan dengan metode dipanggang, sedangkan di Yunani steak biasa dimasak dengan metode dibakar.

Cara membuat steak daging atau bifsteak diperkiraan sudah ada sejak tahun 1830-an, dengan kata lain sebelum perang dunia pertama terjadi. Tidak dapat diketahui dengan jelas dari panganan steak berasal, para ibu rumah tangga di Virginia, Amerika Serikat telah mengetahui steak sejak 1838.

Sementara itu, di Indonesia steak populer dengan nama bistik. Menurut sejarah steak di Indonesia sudah ada sejak zaman kekuasaan Belanda. Di mana saat itu, orang-orang Belanda lah yang memperkenalkan steak kepada rakyat Indonesia. Namun, terlepas dari berbagai aspek tadi, pada saat ini steak terus mengalami pertumbuhan yang sangat cepat di negara Indonesia.

Hal itu dapat dibuktikan melalui masifnya jumlah restoran

loading...
yang secara sengaja memprioritaskan steak sebagai hidangan utama di tempat makan. Selain itu, perkembangan steak di negara Indonesia juga secara langsung turut berpengaruh dalam terciptanya metode baru dalam menyajikan steak.

Saat ini sudah banyak inovasi dan model dari steak. Cara membuat steak daging sapi adalah satu di antaranya. Cara membuat steak daging sapi merupakan sajian hasil inovasi dari beef steak yang telah dicocokan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Kita semua pasti sudah tahu kalau steak bukanlah makanan yang berasal dari Indonesia melainkan dari luar negeri. Meski demikian, hampir semua orang sepertinya sudah mengenal jenis makanan ini. Cara membuat steak daging sapi atau beef steak cukup diminati di negara ini dan bisa dijumpai di berbagai menu dari restoran ataupun kafe.

Cara membuat steak daging sendiri juga memiliki beberapa varian, bisa beef steak atau steak sapi dan juga steak ayam. Namun, salah satu bahan dasar dari pembuatan steak tentu saja daging yang mana dilumuri dengan saus steak yang gurih dan lezat. Saus steak juga mengalami banyak perkembangan.

Baca Juga : Kenikmatan Ikan Arsik Khas Masakan Batak

Dan saus steak di sini memiliki andil yang sangat besar bagi para pecinta steak karena dari rasa saus steak itulah yang menjadi kunci dari kelezatan hidangan satu ini.

Bahan cara membuat steak daging:

3 iris besar steak daging sirloin

3 buah kentang (potong, rebus)

1 buah wortel (potong, rebus)

3 buah buncis (potong, rebus)

1 sdm mentega

Bumbu cara membuat steak daging:

3 sdt kecap asin

3 sdm minyak goreng

1/4 sdt soda kue

3 sdm saus tiram

garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membumbui Steak Daging:

1. Pertama-tama, bumbui atau melumuri daging steak dengan bumbu hingga meresap dan semua bagian daging, baik di sisi belakang maupun di bagian depan terlumuri dengan merata oleh bumbu yang sudah terlebih dahulu disiapkan.

2. Setelah daging dilumuri dengan bumbu secara merata. Jangan terlebih dahulu dimasak atau diberikan bahan lain.

3. Diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging.

4. Setelah didiamkan dengan waktu 30 menit, siapkan alat untuk memanggang.

5. Untuk memanggang daging steak, jika kamu tidak punya pemanggang steak atau alat panggangan steak yang khusus. Kamu bisa menggunakan pan atau wajan anti lengket seperti teflon dengan melumuri bagian dasar pan dengan mentega kemudian panggang hingga kecokelatan dan matang.6 dari 7 halaman

Bahan dan Bumbu Membuat Saus Steak Daging Rumahan:

1/2 bagian bawang bombay (cincang halus)

1 gelas sedang air

3 sdm tepung meizena

garam secukupnya

3 sdm kecap manis

1 sdt kecap inggris

3 sdm saus tomat

2 sdt gula palm

Cara Membuat Steak Daging Saus:

1. Panaskan mentega dalam wajan kemudian tumis bawang bombay hingga tercium bau aroma harum dan bawang menjadi lebih layu.

2. Setelah bawang layu, baru masukkan semua bahan saus kecuali tepung mazeina.

3. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak ada bagian saus yang menggumpal.

4. Masukkan juga bumbu seperti garam dan gula, kemudian cicipi hingga bumbu dirasa pas.

5. Setelah bumbu dirasa pas, larutkan tepung mazeina dengan sedikit air dan tuangkan pada tumisan saus, aduk-aduk hingga saus mengental dan merata.

Terakhir angkat saus dan sirami di bagian atas steak daging yang sudah dibakar. Sajikan steak daging yang sudah matang dengan bahan pelengkap yang ditata di bagian pinggirnya. Siram saus ke daging steak dan sajikan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *