Connect with us

Nasional

Ratusan Pemudik Dari Sumatera ke Jawa Terdeteksi Positif Covid-19 Saat Arus Balik

Published

on

Share

Reportersatu, Saat arus balik ratusan pemudik yang kembali dari pulau Sumatera ke pulau Jawa di laporkan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kalau kita lihat yang datang terutama dari Sumatera yang akan kembali ke pulau Jawa Data hasil skrining ya, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab PCR terdapat 451 orang yang positif Covid, saya ulangi positif Covid setelah dilakukan pemeriksaan swab PCR,” ujar Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo dalam keterangannya, Senin (24/5/21).

loading...

Baca Juga : Sebaran Mutasi Virus Corona Varian India B1617 di Indonesia Terus Meluas

Doni menerangkan, sebanyak 451 orang positif Covid-19 tersebut saat ini sedang dirawat di rumah sakit maupun fasilitas isolasi yang ada di wilayah Lampung.

“Dan kita doakan mereka yang sekarang sedang dalam perawatan dari Satgas khusus Lampung bersama dengan tim kesehatan bisa segera pulih untuk bisa melanjutkan perjalanannya,” tambah Doni.

Selain itu, Doni meminta agar masyarakat yang kembali dari bepergian khususnya dari wilayah Pulau Sumatera untuk melakukan karantinan mendiri selama 5×24 jam.

 Apalagi, kata Doni, kasus Covid-19 di Sumatera dalam waktu 1,5 bulan terakhir ini mengalami peningkatan.

“Jangan dulu ada kegiatan aktivitas utama yang berasal dari wilayah pulau Sumatera, yang kita ketahui sebagian besar di kota-kota di pulau Sumatera mengalami peningkatan kasus dalam 1,5 bulan terakhir. Mohon ini menjadi referensi,” imbuhnya.

Doni mengingatkan agar jika terdapat 5 rumah yang positif Covid-19 dalam satu RT, bisa dilaksanakan lockdown mikro.

“Satgas daerah, dan juga Posko PPKM Mikro di semua Kelurahan dan Desa betul-betul harus bekerja keras, agar mereka kembali dari bepergian ini tidak menyebarkan virus. Kemudian, apabila terdapat 5 rumah yang positif Covid dalam satu RT, jangan ada pembiaran. Minta supaya bisa punya lockdown skala mikro,” tuturnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *