Connect with us

Nusantara

Ratusan Orang dikarantina dalam Masjid Kebun Jeruk, Tiga Orang Positif Corona

Published

on

Ratusan Orang Dikarantina Dalam Masjid Kebun Jeruk, Tiga Orang Positif Corona
Share

Reportersatu, Sebanyak 183 orang jamaah Masjid Jami Kebon Jeruk, Tamansari, Jakarta Barat harus diisolasi di dalam masjid lantaran berstatus orang dalam pemantauan (ODP), tiga orang diantaranya di ketahui positif virus corona, setelah dilakukan tes kesehatan.

Terpaparnya tiga orang jamaah masjid tersebut oleh virus corona di benarkan Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi, tiga jamaah yang diketahui asal Medan, Sumatera Utara itu, sudah dibawa ke Rumah Salit darurat di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Dir Lalu Lintas Polda Metro Jaya Menghentikan Sementara Tindakan Razia

loading...

“Dari 183 jamaah yang diisolasi itu tak semuanya warga negara Indonesia (WNI), melainkan ada juga para warga negara asing (WNA)” ujar Rustam di konfirmasi, Minggu (29/3/2020).

Berdasarkan data pihaknya, Walikota Jakarta Barat menyebutkan total ada 78 WNA yang ikut diisolasi di Masjid Jami Kebon Jeruk. Ke-78 jamaah WNA itu berasal dari enam negara. Rinciannya, 48 orang asal India, 10 orang asal Bangladesh, empat orang asal Srilanka, 10 orang asal Palestina, lima orang asal Palestina dan satu orang dari Pakistan. Rustam mengatakan bahwa Masjid Jami Kebon Jeruk memang selalu dipenuhi jamaah.

“Yang di Masjid Kebon Jeruk, mereka adalah ustadz yang tabligh keliling ke rumah-rumah dan juga ada jamaah dari mancanegara serta nusantara yang berziarah serta untuk beberapa waktu berdiam di masjid itu, ini sudah berlangsung lama,” ujarnya.

Adanya jamaah yang positif corona diketahui usai Sudin Kesehatan Jakarta Barat menggelar rapid test kepada para jamaah di masjid tersebut pada Kamis (26/3/2020).

Baca Juga : Handoko Gunawan Dokter Paru Pahlawan Corona

Selama diisolasi, para jamaah tak diperkenankan untuk keluar area masjid. Sedangkan untuk urusan logistik akan disalurkan oleh Sudin Sosial Jakarta Barat. Selain itu, para jamaah dihimbau untuk mengikuti SOP yang diberikan, terutama untuk menjaga kesehatan.

Dalam hal ini juga petugas pun rutin disemprot disinfektan untuk meminimalisir penyebaran virus di sekitar area Masjid. Petugas gabungan juga dikerahkan untuk memonitor jalannya isolasi yang berlangsung sejak Kamis (26/3/2020) atau pasca tes berlangsung. (Tito)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *