Connect with us

Internasional

Provokasi AS, Korut Kembali Luncurkan Rudal

Published

on

Share

Reportersatu, Perdana di era pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Korea Utara kembali meluncurkan sejumlah rudal pada akhir pekan lalu. Diluncurkan pada minggu pekan lalu uji coba rudal ini layaknya taktik lama Pyongyang untuk memprovokasi AS dan Korea Selatan.

Pejabat AS itu tidak menjelaskan detail uji coba rudal tersebut. Namun, surat kabar The Washington Post mengatakan simulasi itu mencakup uji coba rudal jarak pendek. Simulasi rudal itu berlangsung beberapa hari setelah kunjungan perdana Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken, ke Korsel.

loading...

Dikutip AFP, pejabat tersebut mengaku AS sudah mengetahui uji coba rudal yang dilakukan Korut. Simulasi itu, katanya, berlangsung setelah intelijen AS memperingatkan bahwa Pyongyang mungkin tengah mempersiapkan tindakan semacam itu.

Baca Juga : Vaksin Sinovac Aman Digunakan Bagi Anak Usia Tiga Tahun Hingga 17 Tahun

Namun, tak seperti biasanya, Korut dan Korsel tidak mengumumkan secara publik uji coba rudal tersebut. AS juga bungkam terkait peluncuran rudal itu.

“Korut biasanya mengumumkan uji coba rudal seperti itu, tetapi tidak kali ini,” kata pakar Korut dari Stimson Center, Martyn Williams, melalui Twitternya.

“Uji coba biasanya juga dipublikasikan cukup cepat oleh media Jepang dan Korsel setelah dilakukan, tetapi tidak kali ini,” paparnya menambahkan.

Uji coba rudal ini juga berlangsung beberapa hari setelah Korut mengancam AS dan Korsel. Saudara perempuan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un, Kim Yo-jong, mengancam AS dan Korsel tidak akan hidup tenang jika terus mempertahankan kebijakan pertahanan yang mengancam mereka.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *