Connect with us

Nasional

Presiden Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet Sore Ini

Published

on

Share

Reportersatu, Reshuffle kabinet Indonesia Maju kembali dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari Rabu, 28 April 2021. Perombakan kabinet akan dilakukan dengan melantik dua menteri dan satu kepala badan di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/4/21).

Isu reshuffle sendiri telah berhembus sejak beberapa pekan terakhir. Hal itu usai DPR RI menyetujui peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) serta pembentukan Kementerian Investas.

loading...

Info dari salah satu sumber ada dua mentri yang akan di lantik, salah satunya adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Selain Nadiem, ada nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

“Iya (reshuffle kabinet). Dua menteri,” kata sumber di lingkaran Istana Kepresidenan pada Selasa (27/4).

Sumber tersebut tak memastikan apakah ada nama lain yang akan dilantik Jokowi hari ini. Namun, ia menyebut reshuffle kali ini digelar terbatas.

readyviewed Reshuffle kabinet kali ini menyusul perubahan nomenklatur sejumlah kementerian. Nomenklatur baru itu merupakan usul Presiden Joko Widodo.

Dalam nomenklatur baru, Jokowi mendirikan kementerian baru bernama Kementerian Investasi. Kementerian ini disebut sebagai pengembangan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Selain itu, Jokowi juga mengusulkan peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek. Kemenristek akan diubah menjadi direktorat jenderal di Kemendikbud.

Di saat yang sama, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dilepas dari Kemenristek. BRIN akan berdiri sendiri sebagai lembaga negara yang berada langsung di bawah presiden.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, reshuffle kabinet akan dilakukan pukul 15.30 WIB. Pelantikan menteri-menteri baru akan digelar di Istana Negara, Jakarta.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *