Connect with us

Peristiwa

Polisi Kembali Amankan 22 Travel Gelap Yang Bawa Pemudik

Published

on

Share

Reportersatu, Polda Metro Jaya kembali menindak 22 travel gelap yang nekat beroperasi mengangkut penumpang untuk mudik Lebaran 2021.

Sebelumnya, Polisi telah mengamankan 115 mobil travel gelap selama 27-28 April 2021. Kendaraan yang disita terdiri dari 64 minibus dan 51 mobil penumpang perorangan.

Para sopir kendaraan travel gelap itu ditindak dengan tilang dalam Pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggar dapat dikenakan hukuman kurungan maksimal dua bulan atau denda maksimal Rp500 ribu.

loading...

“Ada 22 lagi travel gelap (disita),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus , Selasa (4/5/21).

Baca Juga : Densus 88 Tangkap Tiga Eks Petinggi FPI

Yusri tidak menyampaikan waktu penjaringan travel gelap itu. Dia hanya menegaskan, penindakan travel gelap tidak perlu menunggu pelarangan mudik. Selain itu, penindakan juga menyasar kendaraan yang tidak sesuai peruntukan dan trayek.

“Mobil itu misalnya pelat hitam itu kan mobil pribadi, tapi dia pakai untuk umum, terima bayaran, kan enggak boleh namanya. Itu dikatakan travel gelap. Kemudian, ada mobil ini untuk jalur dalam kota Jakarta dia pakai untuk ke Jawa Timur. Enggak sesuai trayek itu kena juga,” kata Yusri.

Yusri menyampaikan, polisi akan mengamankan kendaraan itu hingga Lebaran selesai, yakni Senin 17 Mei 2021. Kendaraan akan dikeluarkan setelah sopir selesai menjalani sidang tilang. Yusri mengimbau pengusaha travel gelap berhenti menjalankan kegiatan ilegal itu.

Travel gelap biasanya menawarkan jasa melalui media sosial. Mereka juga menawarkan jasa antar mudik kepada penumpang dengan harga tinggi mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 450.000 dari normalnya hanya Rp 200.000.

Polisi masih memberikan dispensasi terhadap penumpang travel gelap yang terjaring untuk diantar ke terminal selama belum berlakunya larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Setelah larangan mudik diberlakukan, penumpang tidak lagi diperbolehkan ke luar Jakarta meski sekalipun menunjukkan surat bebas Covid-19.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *