Connect with us

Wisata

Pesona Kawah Ijen, Keindahan Alam Indonesia Yang Memukau Dunia

Published

on

Share

Reportersatu, Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Bagaimana tidak, terletak di garis khatulistiwa yang membuat Indonesia menjadi negara hutan hujan tropis sehingga kekayaan alamnya tak terkira dan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dan eksotis.

Biasanya orang hanya mengetahui pantai sebagai daya tarik utama pariwisata karena Indonesia merupakan negara kepulauan, namun siapa sangka, Indonesia memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik, yakni kawah gunung seperti Kawah Ijen.

Baca Juga : Air Terjun Boroma, Surga Tersembunyi di Pelosok Gorontalo

Kawah Ijen maupun Kawah Wurung di Bondowoso, keindahannya tak ada yang meragukan. Tapi, taukah Anda jika dua kawasan itu merupakan sisa letusan Gunung Ijen Purba sekitar 300 ribu tahun lalu. Dari beberapa literatur ilmiah, Gunung Ijen Purba diperkirakan terbentuk sekitar 700.000 tahun lalu, memiliki ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

loading...

Kawah Ijen merupakan salah satu pesona keindahan alam Indonesia yang luar biasa dan telah memukau banyak wisatawan dari berbagai negara. Di sinilah dapat Anda lihat danau kawah luas yang menakjubkan bersama api berwarna biru dari belerangnya saat malam hari.

Gunung Ijen sendiri berada di kawasan Wisata Kawah Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso. Gunung ini berada 2.368 meter di atas permukaan laut dimana puncaknya merupakan rentetan gunung api di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru dan Merapi.

Kawah Ijen merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur yang masih menggunakan cara tradisional. Ijen memiliki sumber sublimat belerang yang seakan tidak pernah habis dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri kimia dan penjernih gula.

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia dengan dinding kaldera setinggi 300-500 meter dan luas kawahnya mencapai 5.466 hektar.

Kawah di tengah kaldera tersebut merupakan yang terluas di Pulau Jawa dengan ukuran 20 km. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter. Kawah tersebut terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

Kecuali Kawah Ijen yang sudah mendunia hingga saat ini, semua gunung hasil letusan Gunung Api Ijen Purba itu sekarang sudah tidak aktif. Yang tersisa hanyalah keindahan dan eksotisme alam. Karena kekayaan geologi itulah kawasan Ijen di sebut sebagai taman bumi.

Taman Bumi itu diajukan dalam UNESCO Global Geopark (UGG) bernama Ijen Geopark. Selain geologi site, juga biology site, dan culture site, Mencakup Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *