Connect with us

Peristiwa

Penyelundupan 32 Kg Sabu, BNN Tangkap 5 Tersangka

Published

on

Penyelundupan 32 Kg Sabu, Bnn Tangkap 5 Tersangka
Share

Reportersatu, Akun Instagram BNN Republik Indonesia (BNN RI), @bnn_ri, mengupload sebuah video berdurasi 1 menit yang ditujukan BNN untuk mencari bandar narkoba, Rabu (25/3/2020).

Akun bercentang biru itu berusaha menangkap bandar narkoba yang berusaha menyelundupkan 32 Kg sabu asal Malaysia.

Baca Juga : Pemusnahan Barang Bukti Narkotika dengan di Blender

Video ini terkait dengan virus corona, karena saat ini negara sedang memfokuskan untuk mengalihkan distribusi covid-19.

“CORONA TAK LUMPUHKAN BANDAR, BNN SITA 32 KG SABU ASAL MALAYSIA,” tulis akun tersebut.

Meskipun saat ini adalah negara yang berfokus pada penanganan penyebaran virus covid-19 atau corona, BNN bersama-sama penegak hukum lainnya terus bersinergi untuk meningkatkan penegakan hukum dan menegakkan keamanan negara, khusus untuk meningkatkan keamanan dan peredaran ilegal Narkoba.

Arman Depari Deputi Pemberantasan BNN, menjelaskan dalam video ini bahwa BNN Nasional melakukan 2 kali penangkapan di Sumatera Utara dan di Aceh.

loading...

“BNN Nasional telah melakukan 2 kali penangkapan, pertama di Asahan Sumatera Utara kompilasi tersangka melintas di jalan raya, dilakukan pemeriksaan dan pengeledahan ditemukan 20 Kg sabu,” jelasnya pada video itu

Baca Juga : BNN dan TNI Temukan Ladang Ganja di Perbatasan RI-PNG

Selanjutnya, BNN Nasional melakukan pengembangan dan menemukan keterikatan antara bandar di Sumatera Utara dengan Aceh.

“Kemudian pengembangan diambil 2 orang di Aceh Utara dengan barang bukti 12 Kg, sabu ini pernah disembunyikan dengan cara ditanam atau dikubur di belakang halaman rumah namun semuanya bisa kita amankan, total barang bukti 32 Kg dan total tersangka 5 orang, saat ini sedang kita lakukan Pengembangan dan pembahasan selanjutnya di BNN, ”katanya pada video bercetang biru itu.

Diketahui Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Bea dan Cukai mengagalkan peredaran narkoba jenis sabu sebesar 32 Kg dengan membawa 5 orang tersangka.

Pengungkapan kasus ini pada saat sedang melintas di Jl. Lintas Sumatera, Tanah Datar, Asahan, Sumatera Utara, Selasa (24/3/2020).

Dipenuhi membawa 20 Kg sabu yang dikemas menjadi 20 bungkus dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Tanjung Balai menuju Medan, Sumatera Utara.

Baca Juga : Tim Satreskoba Polrestabes Surabaya, Tembak Mati Pelaku Pengedar Narkoba

Dari penangkapan (Sa), petugas kemudian melepaskan tersangka lain, yaitu (A) dan (Y) yang merupakan pemesan Narkoba jenis sabu tersebut.

Tak berhenti disitu, petugas kemudian melakukan pengembangan dan berhasil dipindahkan, yaitu (M) dan (Sy) di Ukee Rubek Barat, Aceh Utara.

Dari penggeledahan yang dilakukan di rumah tersangka, petugas menemukan 12 Kg sabu yang disembunyikan di dalam drum minyak dan dikubur di pekarangan belakang rumah.

Sabu-sabu yang dimaksud dikirim ke Malaysia melalui jalur laut dan dikirimkan di tengah laut untuk diselundupkan melalui pelabuhan-tikus yang lebih banyak ditemukan di pantai timur Sumatera.

Rencananya, sabu akan diedarkan ke wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Jakarta.

Kini, membahas tentang barang yang diklaim di BNN untuk melakukan pengembangan lebih lanjut, guna mengungkap jaringan sindikat narkoba lainnya.

Baca Juga : Bencana Longsor Akibat Diguyur Hujan Deras, di Kabupaten Sukabumi

Atas tindakannya, para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2), Jo Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (2), Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan bantuan maksimal terbukti mati atau penjara penjara seumur hidup.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *