Connect with us

Otomotif

Penyebab Tangki Bocor Yang Penting Diketahui

Published

on

1707605649
Share

Reportersatu, Tangki bensin merupakan sebuah bagian yang penting untuk motor. Bahkan untuk jenis motor tertentu, bentuk tangki juga menentukan seberapa bagus motor tersebut. Custom bike seperti chopper dan bobber akan tampak garang jika didukung oleh tangki motor yang sesuai.

Walaupun terbuat dari bahan yang keras, ternyata masih ada hal – hal yang membuatnya bocor dan membuat pemakaian bensin semakin tinggi.

penyebab bocornya tangki motor itu berasal dari korosi yang menyebabkan logam pada tangki berkarat. Kalau sudah berkarat dan didiamkan saja, tinggal tunggu waktu untuk tangki itu jadi bocor. Biasanya karat terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam tangki.

Berikut penyebab tangki bocor yang harus diketahui.

1. Bocor dari Tutup Bensin

Untuk menjaga tekanan udara di dalam tangki, biasanya pada tutup tangki terdapat sebuah ventilasi agar tekanan udara di dalam tidak terlalu membebani karburator. Sayangnya ventilasi ini juga bisa menjadi akses masuk untuk air ke dalam tangki motor. 

Inilah kenapa kita harus hati – hati saat mencuci motor, terutama saat membersihkan daerah tangki. Jangan sampai ketika kita membersihkannya malah membuat tangki motor kerembesan air.

Baca Juga : Tips Aman Menggunakan Ojek Online Saat Pandemi

2. Embun yang ada di tangki

Siapa yang sangka jika udara di dalam tangki motor ini bisa jadi ancaman kebocoran. Saat ada peningkatan suhu pada tangki, udara di dalam akan mengembun. 

Karena pengembunan ini sudah pasti terjadi, maka pengendara hanya bisa melihat akan terjadi kebocoran. Kecuali jika tangki motor punya fitur pembuangan air.

3. Korosi Air Hujan

Air hujan memang terkenal sebagai cairan yang mudah membuat besi karatan. Tingginya konsentrasi oksigen yang ada di dalam air hujan membuat korosi semakin mudah untuk dilakukan.

Oleh karenanya, jangan biarkan air hujan berlama – lama menempel di tangki motor maupun part besi lainnya. Segera bilas motor ketika terkena air hujan. Pastikan debu dan air hujan luruh bersama air yang dibilaskan ke motor. Jangan lupa juga untuk langsung mengelapnya hingga kering.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *