Connect with us

Kesehatan

Pentingnya Jaga Kebersihan Dispenser Air

Published

on

Pentingnya Jaga Kebersihan Dispenser Air
Share

Reportersatu, Penggunaan disepenser memang sudah menjadi alat yang lumrah di Indonesia. Dispenser menjadi alat bantu untuk kita minum dari galon berisi air yang besar.

Tak hanya itu, dari dispenser juga kita bisa memanaskan air tanpa bantuan kompor. Dispenser merupakan teknologi yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Namun, pemakaian disepenser ternyata menimbulkan bahaya yang tak tersembunyi ini, lho!

Dikutip dari Intisari.Id, penelitian terbaru mengungkap fakta yang mengejutkan. Minum air dari dispenser disebut-sebut bisa menyebabkan datangnya penyakit.

Baca Juga : Musim Hujan Telah Tiba, Waspadai Datangnya Penyakit-Penyakit ini

Kok bisa? Mari kita simak faktanya. Coba tengok dispenser Anda sekarang juga, siapa tau temukan bahaya ini. Jutaan Kuman di Dalam Dispenser

loading...

Dikutip dari Intisar.Id, dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan oleh Times of India (13/2/2018), disebutkan bahwa air yang tersedia di dispenser bisa jadi sudah terkontaminasi kuman dan bakteri.

Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan saluran air di bagian dalam dispenser yang kotor dan penuh dengan bakteri. Kotoran pada dispenser Namun, hal ini tidak pernah disadari sebelumnya karena posisinya yang tertutup.

National Science Foundation International bahkan menyebutkan bahwa di dalam setiap 1 Inchi persegi pendingin air yang ada di dispenser ternyata bisa saja memiliki 2,7 juta kuman.

Kuman itu jika kita konsumsi bersama dengan air minum akan menyebabkan datangnya penyakit. Wah seram ya.

Baca Juga : Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, ada fakta lain dari konsumsi air dispenser yang pasti bikin kita melongo. Kita mungkin berpikir jika air dengan botol galon yang dipakai sebagai sumber air dispenser ini pastilah sudah bersih karena tertutup rapat dari udara luar.

Yang menjadi masalahnya, saat dimasukkan ke dispenser, air ini akan langsung terpapar kotoran, debu, dan berbagai kuman yang ada di dalam dispenser. Padahal, belum tentu dispenser ini rutin dibersihkan sehingga tentu ada kemungkinan kita mengkonsumsi air yang kaya akan kuman penyebab penyakit.

Melihat fakta ini, jika kita yang cenderung sering menggunakan dispenser di dalam rumah, maka harus rajin membersihkannya demi mencegah masuknya kuman pada air yang kita minum.

Nah penting bagi Anda untuk rajin membersihkan dispenser untuk menimalisir bahaya dari dispenser.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *