Connect with us

Internasional

Pencarian Korban Akibat Gletser Longsor Himalaya Berlanjut

Published

on

Share

Reportersatu,  Jumlah korban tewas banjir yang dipicu jatuhnya gletser dari pegunungan Himalaya di Uttarakhand, India, terus bertambah. Otoritas setempat mengatakan lebih dari 100 orang masih dinyatakan hilang di area sekitar Uttarakhand.

Saat ini tim penyelamat masih berupaya menyelamatkan sekitar 35 pekerja konstruksi India yang terjebak di sebuah terowongan. Pejabat setempat mengatakan para pekerja yang tengah diselamatkan merupakan di antara 197 orang yang masih hilang. Korban tewas yang telah ditemukan sejauh ini telah sebanyak 28 orang.

loading...

Baca Juga : Akibat Virus Corona, Angka Kelahiran di China Turun Dratis

Sebagian besar pekerja konstruksi yang masih hilang bekerja di proyek pembangkit tenaga air Tapovan Vishnugad yang terjebak di salah satu terowongan yang longsor dua hari lalu. Menteri Dalam Negeri Amit Shah mengatakan jika akses ke 13 desa terputus oleh banjir.

“Para pekerja di terowongan mungkin tidak mendengar apa-apa dan dalam kondisi terjebak,” kata Amit.

Tentara yang dikerahkan untuk proses evakuasi mengerahkan buldozer untuk menyingkirkan batuan yang menutupi mulut terowongan sedalam 2,5 km. Peralatan pencitraan termal juga telah dikerahkan untuk membantu menemukan korban yang selamat, Mengutip Reuters.

Ashok Kumar, direktur jenderal polisi di negara bagian Uttarakhand berharap tim penyelamat bis amembuka akses ke dalam terowongan pada Selasa (9/2) sore, tempat banjir bandang terjadi.

Ia mengatakan jika banyak penduduk setempat yang kemungkinan berhasil menyelamatkan diri ketika banjir bandang mulai mengepung desa tempat tinggal mereka.

Di kawasan Himalaya memang terdapat rangkaian PLTA yang didirikan di sepanjang aliran sungai setempat, untuk memasok kebutuhan listrik bagi warga sekitar.

Akibat gletser longsor yang memicu banjir bandang, Kepolisian Uttarakhand langsung menutup kawasan wisata di sepanjang Sungai Gangga.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *