Connect with us

Nusantara

Pemprov Jabar Luncurkan Program Petani Milenial Guna Tekan Urbanisasi

Published

on

Share

Reportersatu, Program petani milenial secara resmi digulirkan oleh Pemerintah Jawa Barat. program ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran khususnya pascapandemi Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan sebanyak 100 ribu orang mengikuti program Petani Milenial hingga akhir jabatannya pada 2023. Menurutnya seluruh peserta program tersebut akan diberikan bantuan oleh otoritasnya berupa peminjaman lahan, kemudahan akses bank hingga mencarikan pembeli. 

“Target saya sebetulnya di atas 100 ribu petani baru. Sekarang baru 8.600-an petani yang daftar program Petani Milenial

loading...
,” kata Emil di sela peresmian kick off program Petani Milenial di Desa Suntenjaya, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (26/3).

Baca juga : Pemprov Banten Targetkan Masuk 10 Besar Destinasi Wisata Halal

“Tapi akan ada seleksi alam, pasti ada yang gugur. Hanya kita semangat di angka itu,” tambahnya.

Melalui program ini, ia berharap dapat pengangguran dapat berkurang, khususnya yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Selain itu, menurutnya program tersebut dapat memperkuat ketahanan pangan di Jabar.

“Dipilihnya pertanian karena hasil penelitian, selama Covid-19 yang tidak terpengaruh, salah satunya adalah pangan atau pertanian,” tuturnya.

Emil mengatakan, program Petani Milenial juga bertujuan untuk menekan urbanisasi. Saat ini, mayoritas generasi milenial memilih berkarier di perkotaan.

“Covid-19 mengajarkan yang paling nyaman itu adalah tinggal di pedesaan tapi rezekinya perkotaan dan bisnis mendunia lewat digital,” kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Peluncuran program Petani Milenial berlangsung di sejumlah daerah yang terhubung secara daring. Ada 2.204 petani muda yang mengikuti program tersebut saat pertama kali diluncurkan.

Dalam program ini, tidak hanya sektor pertanian, saja yang digarap, tetapi juga peternakan, perikanan, tanaman hortikultura, dan perhutanan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *