Connect with us

Nasional

Pemprov DKI Tiadakan PTSP disetiap Kelurahan

Published

on

Pemprov Dki Tiadakan Ptsp Disetiap Kelurahan
Share

Reportersatu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meniadakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan layanan kependudukan di tiap kelurahannya. Kendati begitu, Pemprov memastikan agar kelurahan tetap buka meskipun ada himbauaan untuk meliburkan sejumlah instansi pemerintahan dan objek vital di DKI Jakarta.

Baca Juga : KPK Buka Pelelangan Barang Rampasan Negara Secara Terbuka

“Kelurahan tidak melayani PTSP dan pelayanan kependudukan. Kalau lain seperti kematian masih menerima. Kependudukan seperti KTP, izin domisili, itu ditunda melayaninya. Jadi Kelurahan tetap buka seperti biasa,” kata Kepala Bada Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DKI Jakarta, Chaidir kepada wartawan, Selasa, 17 Maret 2020.

loading...

Menurut Chaidir himbauaan agar kantor kelurahan tetap buka termaktub pada Surat Edaran (SE) Gubernur DKI Jakarta nomor 02/SE/2020 tentang Penyusunan Sistem Kerja Pegawai dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Baca Juga : KPK Menerbitkan Aturan Internal Terkait Kepatuhan Laporan LHKPN

Surat edaran tersebut mengatur Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja di rumah atau work from home (WFH) sampai 31 Maret 2020.
Akan tetapi ada pengecualian pada butir kedua dalam surat edaran tersebut, yakni beberapa perangkat daerah yang diwajibkan tetap memberikan layanan langsung kepada masyarakat dan penanganan COVID-19. 

Ada 10 perangkat daerah yang disebut harus tetap membuka layanan, termasuk sekretariat kota/kabupaten, dan kelurahan dan kecamatan.
“Sekko (Sekretariat Kota) tetap buka untuk pelayanan masyarakat kecuali perizinan tidak bisa. Kaitannya keluhan masyarakat, melapor juga ditampung, seperti ada kebakaran meninggal diterima,” ujar Chaidir.

Chaidir menambahkan untuk kecamatan, kelurahan juga berlaku aturan yang sama dengan membuka kantornya seperti biasa, kecuali untuk penanganan PTSP. 

Baca Juga : Ulang Tahun ke-77, Ma’ruf Amin Dapat Ucapan dari Pilot

“Kecamatan kelurahan tetap buka, kan ada di poin dua. Tapi dia tidak dapat melayani PTSP dan Dukcapil (kependudukan dan catatan sipil). Kalau perangkat kelurahan tetap melayani,” pungkas Chaidir. (Mey)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *