Connect with us

Nusantara

Pemkot Bandung Rilis Kebijakan Perihal Kegiatan Keagamaan Selama Ramadhan

Published

on

Share

Reportersatu, Mengikuti panduan dari pemerintah pusat yakni sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Agama Nomor 3 Tahun 2021 terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Pemerintah Kota Bandung mengeluarkan kebijakan perihal kegiatan keagamaan selama bulan Ramadan di Kota Bandung yang mengatur mulai dari salat Tarawih dan Idulfitri hingga buka bersama alias bukber.

Baca Juga : Selama Ramadhan, Pemkab Pamekasan Siapkan Pasar Murah

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengatakan untuk ibadah salat berjamaah seperti Tarawih dan Idulfitri diperbolehkan untuk diadakan asal dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

loading...

“Jumlah jamaah yang diizinkan jika pelaksanaan salat berjamaah di dalam masjid adalah sebesar 50 persen dari kapasitas masjid dan tetap menjaga jarak,” kata Oded di Balai Kota Bandung, Jumat (9/4).

Ia menambahkan pelaksanaan salat berjamaah diupayakan sesederhana mungkin dengan waktu yang tidak terlalu panjang. Adapun pelaksanaan salat Ied dilakukan di masjid dan di luar ruangan.

Begitu juga dengan kegiatan iktikaf yang diperbolehkan dengan membatasi kapasitas 50 persen dari kapasitas masjid.

Sedangkan untuk kegiatan kultum, ceramah, dan lain-lain diperbolehkan, namun dilaksanakan dengan singkat dengan waktu maksimal 15 menit.

Terkait dengan kegiatan buka puasa bersama atau bukber, Pemkot Bandung memperbolehkan dengan syarat tempat dibatasi kapasitas 50 persen.

“Kegiatan buka bersama diperbolehkan, namun tetap diberikan batasan yaitu 50 persen dari kapasitas tempat makan/restoran dan tetap menjaga protokol kesehatan,” ujar Oded.

Adapun relaksasi perpanjangan waktu operasional adalah hingga pukul 23.00 WIB untuk kegiatan usaha kuliner seperti restoran, kafe, dan rumah makan. Namun beda halnya dengan kegiatan ngabuburit dan kegiatan jalan bersama setelah subuh yang ditiadakan.

Sementara itu, tempat hiburan malam pada bulan Ramadan nanti dipastikan tutup.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *