Connect with us

Nasional

Pemimpin Dunia Sampaikan Turut Berduka Cita Insiden Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Published

on

Sriwijaya Air Duka Cita
Share

Reportersatu, Insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 menjadi duka bagi Indonesia. Diperkirakan 62 orang meninggal dunia dalam musibah yang terjadi pada Sabtu (9/1/2021) lalu tersebut.

Tak hanya bagi Indonesia, insiden itu juga menjadi bagi dunia penerbangan. Ucapan duka cita pun datang dari sejumlah pemimpin negara, baik dari negara tetangga maupun negara sahabat.

Berikut ini ucapan duka cita yang datang dari sejumlah pemimpin negara di dunia atas insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182:

1. Presiden Rusia Vladimir Putin
Putin menjadi salah satu pemimpin negara yang pertama menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atas musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Ucapan duka cita tersebut diunggah melalui situs resmi Kantor Kepresidenan Rusia, Kremlin, pada Sabtu (9/1/2021) lalu.

“Terimalah belasungkawa yang tulus atas kematian penumpang dan awak pesawat yang jatuh di dekat pantai Jawa. Mohon sampaikan kata-kata belas kasih dan dukungan kepada keluarga dan orang terdekat korban,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

2. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz
Ungkapan duka cita juga disampaikan Kerajaan Arab Saudi. Raja Salman bin Abdulaziz menyampaikan duka cita yang mendalam kepada Presiden Jokowi atas musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

“Kami telah mengetahui kabar tentang jatuhnya pesawat penumpang di Jakarta Utara. Dan kami sampaikan perasaan duka cita dan simpati kami yang tulus kepada Yang Mulia (Presiden Jokowi), keluarga korban, dan saudara-saudara Indonesia kami,” ucap Raja Salman seperti dilansir dari Arab News.

Tak hanya Raja Salman, putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, juga menyampaikan duka cita kepada Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia.

3. Malaysia
Pemerintah Malaysia melalui Menteri Luar Negeri Hishammuddin Hussein juga menyampaikan belasungkawa atas insiden pesawat Sriwijaya Air dan mendoakan para korban dan keluarga korban agar diberi ketabahan.

“Malaysia turut berdukacita dan mengucapkan takziah kepada Pemerintah, khususnya Menteri Luar Negeri Indonesia, serta rakyat Indonesia, atas tragedi yang menimpa Sriwijaya Air.”

“Semoga ahli keluarga dan sahabat handai penumpang serta kru pesawat tabah mendepani ujian berat ini,” tulis Hishammuddin melalui akun Twitter miliknya, @HishammuddinH2O, pada Minggu (10/1/2021).

4. Presiden Singapura Halimah Yacob
Ucapan belasungkawa kepada Indonesia atas insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 juga datang dari Presiden Singapura Halimah Yacob. Ia mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi yang menyampaikan duka cita serta kesiapan memberikan bantuan apabila diperlukan.

“Pikiran kami bersama keluarga yang berduka. Singapura siap menawarkan bantuan apa pun yang memungkinkan,” tulis Halimah dalam suratnya kepada Jokowi yang juga diunggah di Facebook, Senin (11/1/2021).

Halimah mewakili rakyat Singapura, juga menyampaikan duka cita atas kecelakaan pesawat rute penerbangan Jakarta-Pontianak itu. “Atas nama rakyat Singapura, saya menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia,” tulisnya.

5. Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev
Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, juga menyampaikan dukacita atas musibah jatuhnya pesawat penumpang Sriwijaya Air Sj182. Ia mewakili seluruh rakyat Kazakhstan menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Jokowi.

“Saya merasakan sakit mendalam dari para keluarga yang kehilangan orang-orang tercinta pada kecelakaan mengerikan ini. Semoga Tuhan memberkati dan memberi kenyamanan pada mereka di saat duka ini, dan menganugerahkan jiwa-jiwa korban dengan cinta dan ampunan-Nya,” tulis Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev dalam pernyataan resmi, Minggu (10/1/2021).

6. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan ucapan belasungkawa atas kecelakaan pesawat rute akarta-Pontianak. Trudeau menyatakan solidaritas warga Kanada bersama keluarga para korban.

“Kabar yang datang dari Indonesia sungguh memilukan. Duka terdalam kami sampaikan bagi keluarga, sahabat, dan orang terkasih dari mereka yang berada di dalam pesawat Sriwijaya Air penerbangan SJ 182. Anda berada dalam pikiran kami masyarakat Kanada dalam masa yang sulit ini,” ujar Trudeau dalam akun Twitter pribadinya, Senin (11/1/2021).

7. Kerajaan Inggris
Pemerintah Inggris melalui Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab turut menyampaikan duka cita atas kecelakaan penerbangan tersebut dalam twitnya, Minggu (10/1/2021).

“Sangat sedih mendengar tentang kecelakaan pesawat Sriwijaya Air di Indonesia kemarin. Belasungkawa terdalam saya kepada keluarga para korban dan saya mendoakan mereka pada masa yang sangat sulit ini,” tulis Raab.

8. Turki
Pemerintah Turki melalui Kementerian Luar Negeri juga mengungkapkan perasaan duka cita yang mendalam atas insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di wilayah Kepulauan Seribu.

“Kami berharap rahmat Allah atas mereka yang kehilangan nyawa dalam kecelakaan tragis itu dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada orang yang mereka cintai yang berduka,” tulis Kementerian Luar Negeri Turki dalam situs resmi mereka.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *