Connect with us

Nasional

Pemerintah Sediakan Vaksin Gratis, Masyarakat di Minta Bersabar

Published

on

Share

Reportersatu, Terkait dengan maraknya kasus jual beli vaksin Covid-19 di masyarakat, Pemerintah menjamin akan menyediakan vaksinasi gratis bagi seluruh masyarakat sesuai dengan target sasarannya. Karena itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi, mengimbau masyarakat agar bersabar untuk mendapatkan suntikan vaksin ini.

“Pemerintah sudah menjamin untuk menyediakan vaksinasi gratis bagi seluruh masyarakat sesuai sasaran, dan  masyarakat diimbau untuk sabar dan sesuai tahapan yang disampaikan pemerintah,” ujar,

loading...
 Senin (24/5/21).

Baca Juga : Terkait Masa Pengetatan Arus Balik, Kakorlantas Tunggu Kebijakan Pemerintah

Siti Nadia Tarmizi menyayangkan adanya temuan kasus jual beli vaksin Covid-19 di Medan, Sumatera Utara. Kasus ini melibatkan tiga ASN dan satu agen properti di Medan.

“Tentunya hal ini sangat disayangkan karena pemerintah sudah mengatur tahapan vaksinasi sesuai proritas di mana ini tentunya sesuai dengan resiko penularan dan kerentanan,” kata.

Siti Nadia pun menilai temuan ini menunjukan antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin sehingga dapat segera mengakhiri pandemi ini. Namun, ia meminta agar masyarakat tetap bersabar karena vaksinasi akan diberikan kepada masyarakat sesuai dengan target prioritas.

Siti Nadia mengingatkan, dalam proses vaksinasi juga terdapat standar pemberian vaksin untuk mencegah terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). “Kita tidak mengharapkan adanya vaksinasi yang tidak sesuai aturan yang dapat berpotensi terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” ujar dia.

Untuk mencegah kasus serupa kembali terjadi, Kemenkes meminta pemerintah daerah agar memperkuat pengawasan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 ini. “Pemda setempat diminta untuk memperkuat untuk pengawasannya karena vaksin diserahkan juga ke pemda. Selanjutnya karena sudah melanggar aturan ini sudah ranah penegak hukum,” jelas dia.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *