Connect with us

Nasional

Pemerintah Janjikan Tangani Corona dengan Percepat Pembayaran BPJS

Published

on

Pemerintah Janjikan Tangani Corona Dengan Percepat Pembayaran Bpjs
Share

Reportersatu, Pemerintah menjanjikan akan segera mencairkan dana anggaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk tangani pasien Covid-19. Pencairan dana BPJS Kesehatan itu untuk membayar sejumlah pasien yang dirawat pada sejumlah RS rujukan wabah Corona.

Baca Juga : Pakar Hukum: Ancaman Hukuman Mati Koruptor Saat Negara Krisis Ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat Rakor Tingkat Menteri (RTM) dalam rilis yang diterima wartawan meyakinkan akan secepatnya anggaran BPJS Kesehatan dicairkan.

“Pemerintah akan mempercepat pembayaran kepada RS yang melakukan perawatan pasien Covid-19,” kata Menteri PMK Muhadjir Effendy, Senin, 30 Maret 2020.

loading...

Menurut Muhadjir percepatan anggaran jaminan kesehatan ini sudah ditandatangani oleh sejumlah menteri terkait. Mulai dari Menteri Kesehatan, Menko Perekonomian, Menteri Keuangan dan telah diterbitkan surat penugasan khusus kepada BPJS Kesehatan untuk memverifikasi klaim kepada rumah sakit.

Setelah itu, kemudian  BPJS Kesehatan akan melakukan verifikasi klaim pelayanan kesehatan terhadap rumah sakit.

“Ini dilakukan agar pelayanan kesehatan rumah sakit kepada pasien Covid-19 terus berjalan dan semakin prima. Karena negara mengambil peran untuk itu,” ujar Muhadjir.

Mantan Menteri Pendidikan itu menjelaskan jika nantinya proses verifikasi dengan rumah sakit telah dilakukan, maka BPJS Kesehatan akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk memproses pembayarannya.

Baca Juga : Kabaharkam Polri Tinjau Kesiapan Rumah Sakit Polri Rujukan Pasien Positif Covid-19

“Kementerian Kesehatan telah mendapat alokasi dana khusus dari Kementerian Keuangan untuk pelunasan tagihan-tagihan terkait penanganan Covid-19,” ucap Muhadjir. 

Muhadjir menambahkan dengan pengalaman BPJS Kesehatan dalam melakukan verifikasi klaim dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.
“Sehingga proses pembayaran kepada rumah sakit tersebut bisa dipercepat,” kata dia.

Untuk mekanisme pencairan anggaran BPJS ini sempat disinggung pula oleh pemerintah pada pekan lalu.  Saat itu, pemerintah akan menanggung biaya perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit melalui BPJS Kesehatan.

Nantinya, pemerintah akan melakukan pembayaran kepada rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 peserta BPJS yang merupakan penerima bantuan iuran (PBI) pemerintah sehingga akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Belum Ada Perubahan SOP, Polri Tetap Lakukan Evaluasi Pemeriksaan Saksi

Terutama, dalam mempercepat penyaluran dana yang akan dibayar kepada rumah sakit yang melakukan penanganan terhadap pasien Covid-19 peserta BPJS Kesehatan tersebut. (Mey)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *