Connect with us

Nasional

Pembangunan Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin di Targetkan Rampung Maret 2021

Published

on

Share

Reportersatu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pembuatan jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin ditargetkan rampung pada Maret 2021.

“Saat ini sudah dalam proses konstruksi dan kita harapkan selesai bulan Maret,” katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/2).

Syafrin mengatakan bahwa anggaran untuk membangun jalur sepeda permanen di jantung ibu kota itu menelan anggaran sekitar Rp30 miliar.

loading...

Baca Juga : Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Gubernur -Wagub Sumbar, Kepri dan Bengkulu di Istana Negara

Dalam pelaksanaannya, pihak Dinas Perhubungan menggunakan pembatas planter box sebagai pemisah antara jalur kendaraan bermotor dengan sepeda.

Menurut Syafrin, nantinya jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin ini memiliki panjang hingga 11,2 kilometer. Jalur sepeda ini melintas di sepanjang Bundaran Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Ia menekankan, jalur sepeda ini khusus untuk pesepeda. Namun, ia mengakui dalam beberapa kesempatan, masih ada pengendara, terutama pengemudi sepeda motor, yang masih nakal melintasi jalur tersebut.

“Tentu kami akan edukasi kepada seluruh pengendara, baik itu kendaraan bermotor atau sepeda, untuk menggunakan lajur yang sudah diperuntukkan bagi masing-masing jenis kendaraan. Pada prinsipnya, Jakarta menyediakan ruang lalu lintas untuk jalan berbagi,” ujar Syafrin.

Jalur sepeda permanen ini sendiri akan terintegrasi dengan fasilitas layanan angkutan umum massal, antara lain sembilan halte bus Transjakarta, enam stasiun MRT Jakarta, satu stasiun Kereta Commuter Line, satu stasiun Kereta Bandara (Railink), dan satu stasiun LRT Jabodebek.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *