Connect with us

Nasional

Pelatihan Program Kartu Prakerja Yang Paling Diminati Masyarakat

Published

on

Share

Reportersatu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan terdapat lima besar sektor pelatihan yang paling diminati masyarakat dalam Program Kartu Prakerja. Salah satu pelatihan paling diminati adalah pemasaran daring.

“Tadi saya tanya kepada Ibu Denni, direktur eksekutif (Kartu Prakerja). Apa sih yang paling diminati, ada lima besar,” kata Presiden dalam arahannya kepada Penerima Kartu Prakerja Tahun 2020-2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/3).

Presiden menyampaikan, pelatihan pertama yang paling diminati, yaitu pemasaran daring. Alasannya, pelatihan daring banyak dibutuhkan dan banyak peminatnya.

“Banyak sekali peminatnya dan memang pasar menghendaki itu. Kantor-kantor, perbankan, industri, semua menghendaki itu. Yang ingin jadi wirausahawan menghendaki itu, karena zamannya zaman digital,” ujar dia.

loading...

Yang kedua, kata dia, sektor makanan dan minuman yang ke depan juga banyak menjanjikan, baik untuk wirausaha maupun bekerja. “Ke depan, ini yang paling menjanjikan urusan pangan, kedua, urusan energi. Urusan food and beverages (makanan dan minuman), urusan makanan dan minuman itu juga banyak peminatnya,” katanya menjelaskan.

Ketiga, yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi atau yang lebih khusus, yaitu program web. Kemudian, keempat, urusan perkantoran atau pelatihan yang berkaitan dengan urusan perkantoran. Presiden menyampaikan bahwa pasar, baik itu industri maupun perkantoran, memerlukan pelatihan tersebut.

Kelima, kata dia, berkaitan dengan kewirausahaan. Saat ini, banyak anak muda ingin masuk dunia usaha.

Kepala Negara mengatakan, pelatihan-pelatihan seperti yang ada dalam Kartu Prakerja dibutuhkan bagi mereka yang ingin menjadi wirausahawan. “Saya mulai usaha dulu dari nol, juga ikut pelatihan. Dulu seminggu. Tapi, kalau sekarang zamannya sudah digital bisa belajar online (daring) akan lebih mempercepat,” kata Presiden.

Ia berpesan bahwa ada atau tidaknya Program Kartu Prakerja, masyarakat harus senantiasa meningkatkan keterampilannya. Presiden optimistis dengan meningkatkan keterampilan, maka peluang-peluang baru tanpa disadari akan terbuka. Presiden juga berpesan agar masyarakat senantiasa mengikuti perkembangan zaman pada era digital di mana perubahan cepat terjadi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *