Connect with us

Otomotif

Pecinta Mobil 4×4 Menjadi Salah Satu Idaman

Published

on

Share

Reportersatu, Bagi pecinta SUV, mobil berpenggerak 4 roda menjadi salah satu mobil idaman. Kenyamanan dan kemampuan mobil ini dinilai menjadi kelebihan yang dimiliki oleh mobil yang kerap disapa ‘Jip’ ini. Selain kemampuannya, tampilan dari mobil ini mampu memberikan kepercayaan diri dari penggunanya, terlebih jip lawas.

Di Indonesia, sebenarnya ada banyak sekali jip lawas yang pernah dijual secara resmi. Bahkan di era modern ini masih saja banyak orang yang mencari jip lawas untuk digunakan sehari-hari. Salah satu alasan memelihara jip lawas adalah, tampilan jip lawas ini masih sedap dipandang mata. Soal harga, sebenarnya jip lawas ini memiliki banderol harga yang cukup terjangkau.

Sebelum membahas daftar mobil jip lawas, ada baiknya mengetahui dulu makna dari kata jip. Kata Jip sendiri sebenarnya merupakan kata serapan dari merk mobik Jeep. Merk ini merupakan merk mobil SUV buatan Amerika Serikat. Jeep dinilai sebagai salah satu mobil berpenggerak 4 roda terbaik yang ada sejak dulu hingga saat ini.

Pada beberapa dekade kebelakang, banyak masyarakat Indonesia yang menyebut SUV dengan nama Jip. Padahal, sebenarnya mobil tersebut masuk ke dalam kategori SUV. Nah, daripada berlama-lama membahas jip atau SUV, ini dia daftar jip lawas yang dapat anda cari. Soal harganya, kami akan memberikan kisaran harganya saja ya.

1. Land Rover Series

Mobil yang sudah ada sejak tahun 1948 ini menjadi salah satu mobil yang saat ini dicari. Banyak orang yang mencari Land Rover lawas untuk dikoleksi karena bentuknya yang gagah. Mengapa disebut series? Karena Land Rover memproduksi mobil ini dengan beberapa seri. Mulai dari seri 1, 2, 2a dan 3.

loading...

Saat ini, Land Rover seri 3 menjadi salah satu primadona di Indonesia. Untuk kisaran harganya, mobil ini memiliki harga pasaran di Rp 80-170 jutaan. Bahkan harga termahal yang ada di situs jual beli mencapai Rp 300 jutaan. Wih, sadis!

2. Jeep Cherokee

Mobil yang satu ini rasanya sudah tak asing lagi dengan masyarakat Indonesia. Bentuknya yang kotak, kompak dan bermesin besar membuat namanya mudah diingat. Jeep Cherokee saat ini juga menjadi salah satu mobil yang menjadi incaran bagi pemain jip lawas.

Tenaga besar, dengan kenyamanan yang lebih membuat banyak orang mencarinya. Untuk harga pasarannya, mobil ini dibanderol di kisaran Rp 90-280 jutaan. Sayang, banyak orang mengeluh dengan konsumsi bbmnya yang sangat boros. Tapi, mobil ini cukup fun to drive, lho.

3. Jeep CJ7

Masih dari merk Jeep. Mobil ini menjadi salah satu mobil yang cukup digemari hingga saat ini. Desainnya benar-benar menggambarkan sebuah mobil yang tangguh dan cukup intimidatif. Mobil bermesin Diesel dan bensin ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

Berdasarkan pantauan, mobil ini dibanderol di angka Rp 70-240 jutaan tergantung kondisi. Tampilannya benar-benar memberi kesan gagah, apalagi pria yang menggunakannya.

4. Suzuki Jimny

Mobil buatan produsen asal Jepang ini kerap menghiasi sosial media beberapa tahun ini. Banyak orang yang menggunakan Suzuki Jimny untuk di restorasi dan modifikasi sehingga terlihat baru. Mobil ini memiliki dimensi yang mungil dan tentunya konsumsi bahan bakarnya cukup irit.

Untuk kisaran harganya, mobil ini dibanderol di kisaran Rp 40-150 jutaan. Ada beberapa aliran modifikasi untuk mobil jenis ini. Ada yang bergaya offroad, JDM, hingga cityslicker yang tidak pernah digunakan untuk offroad sungguhan. Spare partnya juga cukup berlimpah, lho.

5. Chevrolet Trooper

Mobil yang merupakan hasil kolaborasi Chevrolet dan Isuzu ini menjadi salah satu jip lawas yang bisa dikoleksi. Tampilannya kotak, dan dimensinya sedang. Ada dua macam mesin yang ditawarkan, yakni mesin bensin dan mesin Diesel yang dijual di Indonesia.

Untuk mesin Diesel, mesinnya sama dengan Isuzu Panther. Sehingga banyak common parts yang bisa saling digunakan. Soal kisaran harganya, mobil ini dibanderol di kisaran Rp 35-150 jutaan.

6. Mercedes-Benz G-Class

Jip lawas yang berikutnya bisa dibilang salah satu legenda, nih. Mobil yang masih diproduksi hingga saat ini menjadi salah satu SUV berpenggerak 4 roda idaman banyak orang. Untuk versi lawasnya, modelnya benar-benar simpel dan manis dipandang.

Harganya sendiri saat ini bisa dibilang sangat melonjak drastis dibanding harga barunya. Sekadar informasi, untuk versi lawasnya dibanderol di kisaran harga Rp 300-1,5 miliar. Duh, harganya semakin mahal aja ya.

7. Toyota Land Cruiser FJ dan BJ

Selain Mercedes, ada juga nih mobil legendaris yang cukup digemari. Ia adalah Toyota Land Cruiser FJ dan BJ series. Mobil yang punya sebutan hardtop ini menjadi jip lawas yang juga cocok banget untuk dikoleksi. Bagi anak generasi 80-an dan 90-an, mobil ini dikenal sebagai salah satu mobil yang suka dipakai penjahat.

Biasanya para pemeran jahat memakai jip lawas ini untuk menculik aktor pendukung utamanya. Makanya, banyak orang menyebut mobil ini dengan nama mobil penculik hehehe. Untuk harganya sendiri, mobil ini saat ini dibanderol di kisaran Rp 80-800 jutaan. Biasanya yang mencapai harga ratusan juta ini sudah mengalami restorasi penuh. Sehingga kondisinya segar seperti baru kembali.

8. Daihatsu Taft

Bagi Anda dengan bajet terbatas, ada lagi nih mobil yang cocok masuk ke daftar jip lawas incaran. Ia adalah Daihatsu Taft. Taft merupakan salah satu jip lawas yang memiliki ketangguhan yang cukup oke. Soal harga, cukup terjangkau.

Jip lawas ini dibanderol dengan harga pasaran di kisaran Rp 60-150 jutaan. Banyak yang menggunakan mobil ini untuk diajak bermain offroad karena kemampuannya yang cukup baik.

9. Jeep Wrangler YJ dan TJ

Mobil dengan chassis Short Wheel Base (SWB) ini punya tampilan yang cukup tampan. Selain punya tampilan yang rupawan, harga baru dari mobil ini juga tergolong mahal. Makanya, harganya hingga tahun 2019 ini tetap di atas Rp 200 jutaan.

Jeep Wrangler YJ dan TJ ini dijual di kisaran Rp 280-500 jutaan tergantung kondisi. Memakai mobil ini di jalanan Jakarta menjadikan Anda menjadi pusat perhatian. Tampilan yang gagah, dengan karakteristik jip lawas menjadikan Anda menjadi pusat perhatian di jalanan.

Nah, itulah beberapa daftar jip lawas yang bisa Anda beli. Harga yang kami cantumkan merupakan harga pasaran yang biasa tertera pada situs jual beli online. Di laman Carmudi, Anda juga dapat mencari ke-8 mobil tersebut.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *