Connect with us

Internasional

Pasukan AS Akan Kembali Ke Tanah Airnya Jika Taliban Memenuhi Komitmennya

Published

on

Pasukan As Akan Kembali Ke Tanah Airnya Jika Taliban Memenuhi Komitmennya
Share

Reportersatu, Amerika Serikat (AS) dan NATO akan menarik semua pasukannya di Afghanistan dalam waktu 14 bulan jika Taliban memenuhi komitmennya. Hal itu tertuang dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh AS dan pemerintah Afghanistan.

“Koalisi akan menyelesaikan penarikan pasukan mereka yang tersisa dari Afghanistan dalam waktu 14 bulan setelah pengumuman deklarasi bersama ini dan perjanjian damai AS-Taliban tunduk pada pemenuhan komitmen Taliban di bawah perjanjian AS-Taliban,” bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters

loading...
, Sabtu (29/2/2020).

AS Akan Kurangi Pasukan di Afghanistan

AS pada awalnya akan mengurangi pasukannya di Afghanistan menjadi 8.600 dalam 135 hari dari perjanjian damai AS-Taliban, yang ditandatangani di Ibu Kota Qatar, Doha.

Baca Juga: AS Lakukan Upacara Perjanjian Damai Dengan Taliban

Diwartakan sebelumnya perwakilan AS dan Taliban Afghanistan akhirnya menandatangani kesepakatan damai bersejarah di Doha, Qatar. Kesepakatan ini sekaligus mengakhiri perang terpanjang yang dilakukan oleh AS, hampir 19 tahun.

Utusan AS Zalmay Khalilzad dan wakil pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar menandatangani perjanjian di sebuah aula mewah di sebuah hotel bintang lima di Dohar, Qatar. Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, turut menyaksikan penandatanganan itu.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *